Menkominfo Sebut Suntik Mati TV Analog Dilakukan Hati-hati

Menkominfo Sebut Suntik Mati TV Analog Dilakukan Hati-hati

Agus Tri Haryanto - detikInet
Jumat, 20 Mei 2022 17:30 WIB
Menkominfo Johnny G Plate Meluncurkan Digital Talent Program dengan target 200 ribu mahasiswa.
Foto: Heri Susanto/detikcom
Jakarta -

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate menyebutkan implementasi Analog Switch Off (ASO) dilakukan secara hati-hati agar masyarakat tetap dapat menikmati siaran televisi.

ASO Tahap 1 yang diterapkan pada 30 April lalu baru dilakukan di delapan kabupaten/kota dari 166 kabupaten/kota yang telah ditetapkan.

Delapan kabupaten/kota yang dimaksud, yaitu Riau (Kota Dumai, Kabupaten Bengkalis, Kabupaten Kepulauan Meranti), Nusa Tenggara Timur (Kabupaten Timur Tengah Utara, Kabupaten Belu, Kabupaten Malaka), dan Papua Barat (Kota Sorong, Kabupaten Sorong).

Menkominfo menyebutkan saat ini Kominfo beserta penyelenggara multipleksing (mux) telah memperluas jangkauan siaran TV digital dari delapan kabupaten/kota menjadi 20 kabupaten/kota.

"Nanti akan diumumkan langsung oleh tim. Sekarang tim sedang bekerja," ucap Johnny di Jakarta, Jumat (20/5/2022).

Menkominfo mengatakan penerapan ASO dilaksanakan secara multi fase, supaya dilaksanakan dengan baik yang tidak merugikan masyarakat.

"Masyarakat bisa tetap terlayani layanan televisi yang bisa mereka nikmati, sehingga ASO dilakukan secara bertahap," ujarnya.

Distribusi set top box gratis TV digital untuk keluarga miskin juga jadi perhatian sebelum benar-benar mematikan siaran TV analog dan dialihkan sepenuhnya ke siaran TV digital di daerah tersebut.

"Saya harapkan tahapan dilakukan oleh dan melalui kerja sama yang baik antara Kominfo dengan penyedia set top box (STB) ini adalah penyelenggara mux, perusahaan stasiun televisi yang sudah memberikan komitmen pengadaan distribusi dan pemasangan STB di televisi masyarakat miskin yang belum DVB-T2. Ini proses sedang berjalan," tuturnya.

Setelah ASO Tahap 1, saat ini memasuki proses penghentian ASO Tahap 2 yang mencakup 31 wilayah siaran di 110 kabupaten/kota dengan paling lambat dilakukan 25 Agustus 2022. Lalu terakhir, ASO Tahap 3 di 25 wilayah siaran di 63 kabupaten/kota pada 2 November 2022.



Simak Video "Kominfo Akan Matikan TV Analog di Jabodetabek! "
[Gambas:Video 20detik]
(agt/fyk)