Menkominfo Lantik 7 Komisioner KIP Periode 2022-2026, Ini Daftarnya

Menkominfo Lantik 7 Komisioner KIP Periode 2022-2026, Ini Daftarnya

Agus Tri Haryanto - detikInet
Jumat, 20 Mei 2022 14:00 WIB
Menkominfo melantik Komisioner Komisi Informasi Pusat (KIP) Periode 2022-2026 di Gedung Kominfo, Jumat (20/5/2022).
Foto: detikINET/Agus Tri Haryanto
Jakarta -

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate mengatakan dengan dilantiknya tujuh komisioner Komisi Informasi Pusat (KIP) periode 2022-2026, dapat memanfaatkan teknologi digital guna terlaksananya keterbukaan informasi.

Johnny menuturkan di negara demokrasi seperti Indonesia, di mana terdapat lembaga-lembaga negara, baik legislatif, eksekutif, yudikatif, kuasi, atau organisasi masyarakat yang mendapatkan pembiayaan APBN itu melaksanakan keterbukaan informasi seperti yang telah dilakukan Komisioner KIP periode sebelumnya dan meningkatkanya.

"Saya sendiri mendorong pemanfaatan teknologi digital yang saat ini justru sudah dilakukan secara akseleratif. Saya ucapkan selamat bekerja, semoga Indonesia semakin terbuka dan demikian juga partisipasi masyarakat semakin baik, agar peningkatan kualitas demokrasi dan pertanggungjawaban penyelenggara negara dan institusi publik dapat dilakukan dengan baik," tutur Menkominfo.

Lebih lanjut, di era digital seperti sekarang, data dan informasi menjadi salah satu kunci bagi peningkatan kualitas demokrasi

Sebab, penyediaan informasi publik bagi masyarakat secara cepat dan akurat adalah keniscayaan. Sebagai gambaran skors indek keterbukaan informasi publik (IKIP) 2021 sebesar 71,37 termasuk kategori sedang.

Indikator jaminan hukum atas akses informasi mendapatkan skor 79,15. Sementara indikator terendah adalah anggaran pengelolaan informasi, yakni 61,7 sehingga masih banyak kinerja yang perlu ditingkatkan baik pengelolaan maupun substansi maupun metode penyampaian informasi publik.

Untuk mendorong hal tersebut, diperlukan proses kolaborasi dan sinergi yang kuat juga harmonisasi dari semua komisioner KIP. Kominfo sendiri akan mendukung langkah-langkah KIP untuk wujudkan gagasan pengelolaan informasi publik di era transformasi digital.

Menkominfo melantik Komisioner Komisi Informasi Pusat (KIP) Periode 2022-2026 di Gedung Kominfo, Jumat (20/5/2022).Menkominfo melantik Komisioner Komisi Informasi Pusat (KIP) Periode 2022-2026 di Gedung Kominfo, Jumat (20/5/2022). Foto: detikINET/Agus Tri Haryanto

Pelantikan Komisioner KIP ini dilaksanakan di Gedung Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Jumat (20/5/2022).

Daftar Tujuh Komisioner Komisi Informasi Pusat (KIP) Periode 2022-2026
- Arya Sandhiyudha
- Donny Yoesgiantoro
- Gede Narayana
- Handoko Agung Saputro
- Rospita Vici Paulyn
- Samrotunnajah Ismail
- Syawaludin

Sebagai informasi, lima komisioner merupakan representasi unsur masyarakat, yaitu Arya Sandhiyudha, Donny Yoegiantoro, Handoko Agung Saputra, Rospita Vici Paulyn, dan Syawaludin. Sedangkan representasi unsur pemerintah adalah Gede Narayana dan Samrotunnajah Ismail.



Simak Video "Menkominfo Bicara Soal Kabar 5G Ganggu Penerbangan di AS"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/agt)