TV Analog Hari Ini Dimatikan Bertahap, Ini Wilayah dan Jadwalnya

TV Analog Hari Ini Dimatikan Bertahap, Ini Wilayah dan Jadwalnya

Fitraya Ramadhanny - detikInet
Sabtu, 30 Apr 2022 13:59 WIB
Pemerintah mewanti-wanti masyarakat untuk bersiap migrasi ke TV digital. Set top box (STB) untuk migrasi ke TV digital pun sudah mulai marak dijual di toko elektronik.
Sebagian wilayah mulai mematikan TV analog per 30 April 2022 (Foto: Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta -

Per tanggal 30 April 2022, pemerintah melakukan analog switch off (ASO) Tahap 1 atau mematikan TV Analog. Ada 3 wilayah yang mulai duluan.

Sesuai Peraturan Menteri Kominfo No 11/2022 tentang Perubahan Atas Permen Kominfo No 6/2022 tentang Penyelenggaraan Penyiaran, disebutkan ASO Tahap 1 dilakukan 30 April 2022. Di wilayah ASO Tahap 1 ini mencakup 56 wilayah siaran di 166 kabupaten/kota yang tersebar di Indonesia.

"Penghentian tetap layanan TV analog akan dimulai pada tanggal 30 April tahun 2022 jam 24.00 WIB," kata Menkominfo Johnny G Plate sebelumnya, Jumat (29/4).

Namun dalam pelaksanaannya, pemerintah mengatakan ASO Tahap 1 ini dilakukan bertahap, tidak serempak pada 166 kabupaten/kota. Hal ini dimulai dari 3 wilayah yang paling siap untuk mematikan siaran TV analognya.

Ketiga wilayah siaran itu ada di tiga provinsi, yang terdiri dari delapan kabupaten/kota. Berikut daftar tiga provinsi wilayah siaran yang dimaksud:

1. Riau : Kota Dumai, Kabupaten Bengkalis, Kabupaten Kepulauan Meranti
2. Nusa Tenggara Timur : Kabupaten Timur Tengah Utara, Kabupaten Belu, Kabupaten Malaka
3. Papua Barat : Kota Sorong, Kabupaten Sorong

Ketiga wilayah tersebut dinilai paling siap karena pembagian set top box gratis TV digital sudah selesai dilakukan 100 persen. Plt Dirjen PPI Kementerian Kominfo Ismail mengatakan, sisa wilayah yang berada di ASO Tahap 1 ini, masih akan terus dilanjutkan dan di-update setiap pekannya.

"Bergerak terus, tiap minggu akan ada evaluasi matikan, matikan. Nanti kita akan kasih rilis setiap mau dimatikan (TV analog)," ucap Ismail.

Halaman selanjutnya: Daftar wilayah ASO Tahap 1 yang tersisa >>>



Simak Video "Wilayah Jabodetabek Siap-siap Migrasi TV Analog ke Digital"
[Gambas:Video 20detik]