Ini Sebabnya Suntik Mati TV Analog Tahap 1 Cuma di 3 Wilayah

Ini Sebabnya Suntik Mati TV Analog Tahap 1 Cuma di 3 Wilayah

Agus Tri Haryanto - detikInet
Sabtu, 30 Apr 2022 12:42 WIB
TV Analog
Penjelasan Kominfo Suntik Mati TV Analog Batal Dilakukan Serentak di Tahap 1 (Foto: @jcomp via freepik)
Jakarta -

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) memberikan penjelasan terkait suntik mati TV analog dan diganti ke TV digital pada Analog Switch Off (ASO) Tahap 1 yang tidak dilakukan serempak, melainkan di 3 provinsi dulu. Daerah tersebut dinilai paling siap.

Bila mengacu kepada Peraturan Menteri Nomor 11 Tahun 2022 tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Menteri Komunikasi dan Informatika Nomor 6 Tahun 2022 tentang Penyelenggaraan Penyiaran, disebutkan ASO Tahap 1 paling lambat 30 April 2022.

Di wilayah ASO Tahap 1 ini mencakup 56 wilayah siaran di 166 kabupaten/kota. Namun dalam keterangan resmi pemerintah, baru tiga wilayah yang dinyatakan siap untuk mematikan siaran TV analog dalam permulaan tahap 1 ini.

Ketiga wilayah itu, yaitu Riau (Kota Dumai, Kabupaten Bengkalis, Kabupaten Kepulauan Meranti), Nusa Tenggara Timur: Kabupaten Timur Tengah Utara, Kabupaten Belu, Kabupaten Malaka), dan Papua Barat (Kota Sorong, Kabupaten Sorong).

"(Wilayah itu) yang paling siap, karena pembagian set top box (gratis) sudah 100%," ujar Plt Dirjen PPI Kementerian Kominfo Ismail.

Sementara itu, sisa wilayah yang berada di ASO Tahap 1 ini, dikatakan Kominfo, masih akan terus dilanjutkan dan di-update setiap pekannya.

"Bergerak terus, tiap minggu akan ada evaluasi matikan, matikan. Nanti kita akan kasih rilis setiap mau dimatikan (TV analog)," ucap Ismail.

Ditambahkannya, Kominfo berhati-hati agar infrastruktur hingga masyarakat jika sudah dinyatakan siap, pemerintah baru mematikan siaran TV analog di wilayah tersebut.

"Jadi, ini lebih kepada kewaspadaan dan berhati-hati. Pembagian (set top box gratis) di wilayah lainnya bergerak terus. Yang sekarang kita yakin di tiga provinsi itu, tapi kita evaluasi terus, minggu akan ada lagi, terus," tuturnya.

Sebagai informasi, bagi kelompok rumah tangga miskin, penyelenggara multipleksing (mux) dibantu Kementerian Kominfo akan menyalurkan bantuan set top box gratis TV digital sebanyak 6,7 juta unit ke seluruh Indonesia. Sementara di wilayah ASO Tahap 1, jumlah set top box gratis yang dibagikan mencapai 3.202.470 unit.

Proses migrasi TV analog ke digital ini dilakukan dalam tiga tahap sesuai ketentuan yang berlaku. ASO Tahap 1 mencakup 56 wilayah siaran di 166 kabupaten/kota paling lambat 30 April 2022, ASO Tahap 2 meliputi 31 wilayah siaran di 110 kabupaten/kota paling lambat 25 Agustus 2022, dan ASO Tahap 3 mencakup 25 wilayah siaran di 63 kabupaten/kota paling lambat 2 November 2022.



Simak Video "TV Analog Disetop, Ini Daftar 25 STB Penunjang Siaran TV Digital "
[Gambas:Video 20detik]
(agt/fay)