Catat! Daftar Wilayah yang Tidak Bisa Nonton TV Analog Per 30 April 2022

Catat! Daftar Wilayah yang Tidak Bisa Nonton TV Analog Per 30 April 2022

Agus Tri Haryanto - detikInet
Rabu, 27 Apr 2022 13:27 WIB
Close-up of a remote control sitting on a couch in an empty modern living room.
Catat! Daftar Wilayah yang Tidak Bisa Nonton TV Analog per 30 April 2022. Foto: Getty Images/Melissa Ross
Jakarta -

Sebanyak 56 wilayah layanan siaran di 166 kabupaten/kota akan dilakukan migrasi TV analog ke digital atau Analog Switch Off (ASO). Catat kembali, ini daftar wilayah yang tidak bisa nonton TV analog per 30 April 2022.

Digitalisasi penyiaran Indonesia ini akan dilakukan ke dalam tiga tahapan, di mana tahapan ASO Tahap 1 dimulai 30 April. Dilanjutkan ASO Tahap 2 pada 25 Agustus dan ASO Tahap 3 pada 2 November.

Implementasi batas waktu penghentian siaran TV analog tersebut sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 11 Tahun Tahun 2020 tentang Cipta Kerja.

Adapun proses suntik mati TV analog yang kemudian TV digital telah ditetapkan dan pengundangan perubahan Peraturan Menteri Nomor 6 Tahun 2021 tentang Penyelenggara Penyiaran.

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate menyebutkan bahwa pembangunan infrastruktur yang dilakukan penyelenggara multipleksing di wilayah ASO Tahap 1 sudah rampung secara keseluruhan. Artinya, sudah siap dilaksanakan.

"Analog Switch Off Tahap 1 persentase kesiapan infrastruktur multipleksing sudah 100% dan siap dilaksanakan," ujar Menkominfo beberapa waktu lalu.

Untuk kelompok rumah tangga miskin, penyelenggara multipleksing dan Kominfo telah menyalurkan bantuan set top box gratis TV digital agar memudahkan TV analog menangkap sinyal TV digital.

Sebanyak 3.203.854 set top box gratis TV digital dibagikan sejak 15 Maret dan ditargetkan rampung 30 April 2022. Syarat penerima bantuan ini, mereka yang terdaftar sebagai Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kementerian Sosial, punya KTP WNI, masuk ke wilayah yang terdampak ASO, hingga punya TV analog di rumahnya.

ASO Tahap 1 dilakukan paling lambat 30 April 2022. Tahap pertama ini meliputi 56 wilayah layanan siaran di 166 kabupaten dan kota wilayah Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, Maluku, Nusa Tenggara, Papua, dan Papua Barat.

Bila dibandingkan dengan penerapan ASO di tahap kedua dan ketiga, ASO Tahap 1 ini jumlah kabupaten/kota yang dipindahkan migrasi ke TV digital lebih banyak.

Halaman berikutnya Jadwal dan Wilayah ASO Tahap 1 pada 30 April 2022 >>>