Tak Perlu Tunggu 30 April, Siaran TV Digital Bisa Dicoba Sekarang

Tak Perlu Tunggu 30 April, Siaran TV Digital Bisa Dicoba Sekarang

Agus Tri Haryanto - detikInet
Rabu, 13 Apr 2022 18:08 WIB
Remote  Kontrol TV.  dikhy sasra/ilustrasi/detikfoto
Tak Perlu Tunggu 30 April, Siaran TV Digital Bisa Dijajal Sekarang. Foto: dikhy sasra
Jakarta -

Kendati dimatikannya siaran TV analog atau Analog Switch Off (ASO) baru akan dilakukan mulai 30 April 2022, masyarakat sudah jajal siaran TV digital. Simak begini cara cek sinyal TV digital di daerah kalian.

Hal itu berkat adanya siaran simulcast, yang mana memungkinkannya siaran TV analog dan TV digital dilakukan secara bersamaan. Sejumlah stasiun televisi juga telah menggelar siaran simulcast ini.

"Kami imbau masyarakat mulai melakukan persiapkan set top box dan televisinya. Tolong dicek apakah televisinya bisa menangkap siaran siaran digital. Hampir semua wilayah sekarang sudah bisa siaran digital, karena ada siaran simulcast. Jadi, tidak perlu menunggu ASO, sekarang bisa dicoba," ujar Plt Dirjen PPI Kementerian Kominfo, Ismail.

Kominfo menegaskan pelaksanaan migrasi TV analog ke digital akan dilakukan sesuai rencana yang telah ditetapkan, di mana suntik mati TV analog ini dilakukan dalam tiga tahap.

"Pelaksanaan sesuai rencana dalam tiga tahap, yaitu 30 April, 25 Agustus, dan berakhir pada 2 November. Kami terus meninjau untuk menyakinkan bahwa seluruh masyarakat bisa menikmati siaran dengan baik," ucapnya.

Pelaksanaan ASO Tahap 1 ini pun dinilai sudah siap, baik dari sisi infrastruktur dalam hal ini pemancarnya, bantuan set top box gratis TV digital untuk kelompok rumah tangga miskin, sosialisasi, hingga siaran simulcast yang sudah berjalan.

Cara Cek Siaran TV Digital

1. Cek Perangkat Televisi

Untuk menikmati siaran TV digital, pastikan terlebih dahulu bahwa perangkat televisi kalian bukan TV analog yang bentuknya masih TV tabung. Selain itu, ciri lainnya TV digital ini sudah didukung DVB-T2.

Sebenarnya, TV analog bisa menangkap siaran TV digital dengan bantuan perangkat bernama Set Top Box. Bagi keluarga miskin, nanti pemerintah akan membagikannya secara gratis.

2. Cek Situs Kominfo

Tahap selanjutnya, kalian bisa mengecek wilayah yang ada siaran TV digital lewat browser, kunjungi https://siarandigital.kominfo.go.id/informasi/lembaga-penyiaran. Di halaman ini, kalian bisa melihat jangkauan siaran dan wilayah-wilayah yang sudah ada siaran TV digital.

tv digitaltv digital Foto: Kementerian Kominfo

3. Aplikasi SinyalTVDigital

Cara berikutnya menggunakan aplikasi SinyalTVDigital yang jauh lebih mudah. Aplikasi ini tak hanya membantu mengetahui apakah lokasi kalian sudah ada siaran TV digital, tetapi juga mengecek apakah sinyal TV digital lemah, jelek, bahkan hilang. Aplikasi ini sangat tepat digunakan sebelum memutuskan untuk membeli perangkat TV digital TV DVB-T2 atau STB DVB-T2. Caranya:

  • Download aplikasi sinyalTVdigital di Google Play Store
  • Buka aplikasi dan izinkan untuk mengakses lokasi kalian
  • Tampilan aplikasi akan berubah sesuai lokasi
  • Tap ikon layer atau kotak bertumpuk di kanan atas, dekat ikon zoom in dan zoom out
  • Cek warna yang muncul pada peta. Sinyal terkuat adalah merah, sedangkan sinyal lemah berwarna putih

Simak Video 'TV Analog Disetop, Ini Daftar 25 STB Penunjang Siaran TV Digital':

[Gambas:Video 20detik]



(agt/fay)