TV Analog Dimatikan 30 April, Sudah Dapat Set Top Box Gratis?

TV Analog Dimatikan 30 April, Sudah Dapat Set Top Box Gratis?

Agus Tri Haryanto - detikInet
Jumat, 01 Apr 2022 13:00 WIB
Ilustrasi STB TV Digital, Set Top Box ini sebagai dibutuhkan sebagai alat untuk mengalihkan tv analog ke digital. STB juga akan diberikan gratis oleh pemerintah untuk masyarakat miskin.
TV Analog Dimatikan 30 April, Sudah Dapat Set Top Box Gratis?. Foto: Andhika Prasetia
Jakarta -

Terhitung mulai 30 April 2022, suntik mati TV analog akan dilakukan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) yang digantikan TV digital. Nah, kalian sudah dapat belum set top box gratis TV digital?

Keberadaan Set Top Box (STB) dalam digitalisasi penyiaran sangatlah penting. Sebab, alat tersebut akan membantu TV analog menangkap siaran TV digital.

Bagi kelompok rumah tangga miskin, pemerintah yang dalam hal ini Kominfo dan penyelenggara multipleksing (mux) memberikan set top box secara cuma-cuma alias gratis.

Mengingat migrasi TV analog ke digital atau Analog Switch Off (ASO) ini dibagi ke dalam tiga tahap, pembagian set top box gratis baru didistribusikan ke wilayah ASO Tahap 1.

Adapun pembagian bantuan tersebut telah disalurkan sejak 15 Maret dan ditargetkan rampung 30 April, tepat ketika siaran TV analog dimatikan.

Sebanyak 3.202.470 unit set top box gratis TV digital untuk ASO Tahap 1 ini akan dibagikan kepada rumah tangga miskin di 56 wilayah yang mencakup 166 kabupaten/kota.

Bila secara keseluruhan, diestimasikan 6,7 juta set top box yang akan disalurkan ke rumah tangga miskin di tiga tahapan ASO.

"Pembagian (set top box gratis TV digital) sedang berlangsung yang dibagi ke dalam tiga tahapan, wilayah pertama sedang berlangsung. Jadwalnya tanggal 30 April dilakukan switch off nanti wilayah yang sudah ditetapkan dan dibagikan set top box-nya itu analog dimatikan dan digitalnya dihidupkan itu mulailah masyarakat layanan digital," tutur Menkominfo Johnny G. Plate beberapa waktu lalu.

Syarat dan Cara Mendapatkan STB TV Digital Gratis

Untuk mendapatkan bantuan STB TV Digital gratis, masyarakat harus memenuhi syarat yang ditetapkan Kominfo, yakni:

  • Termasuk warga miskin yang tercatat di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kementerian Sosial
  • WNI dengan KTP elektronik
  • Lokasi rumah berada di cakupan yang terdampak ASO

Kominfo akan mematikan siaran TV analog yang sudah mengudara hampir 60 tahun dengan sistem penyiaran yang lebih canggih, yakni siaran TV digital.

Proses migrasi TV analog ke digital tersebut akan terbagi ke dalam tiga tahap. ASO Tahap 1 pada 30 April 2022, ASO Tahap 2 pada 25 Agustus 2022 dan ASO Tahap 3 pada 2 November 2022.



Simak Video "Wilayah Jabodetabek Siap-siap Migrasi TV Analog ke Digital"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/agt)