Telkomsel dan XL Matikan 3G Akhir Maret, Ini Kata Menkominfo

ADVERTISEMENT

Telkomsel dan XL Matikan 3G Akhir Maret, Ini Kata Menkominfo

Agus Tri Haryanto - detikInet
Senin, 28 Mar 2022 19:35 WIB
Menkominfo Johnny G. Plate
Menkominfo Johnny G. Plate. Foto: detikINET/Agus Tri Haryanto
Jakarta -

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate menanggapi terkait akan dimatikan layanan 3G yang dilakukan Telkomsel dan XL Axiata.

Kedua operator seluler tersebut telah memastikan mulai melakukan upgrade layanan 3G ke 4G. Bila XL Axiata mulai menghapus 3G akhir Maret ini, sedangkan Telkomsel secara bertahap sampai akhir 2022.

"Rencana operator seluler untuk fade out itu sejalan dengan kebijakan pemerintah atau Kominfo untuk menjadikan 4G sebagai tulang punggung telekomunikasi kita dan secara bertahap kita kembangkan 5G," ujar Menkominfo di Jakarta, Senin (28/3/2022).

Johnny menjelaskan perkembangan teknologi saat ini sangat cepat, dimulai dengan diperkenalkan 1G yang kemudian meningkat dengan hadirnya 2G, 3G, 4G, dan terbaru 5G.

Khusus untuk 5G, Menkominfo mengatakan, bahwa jaringan seluler generasi kelima itu pengembangannya tidak terlalu luas, karena adanya 4G.

"3G dan 4G itu bedanya kecepatan. Kalau 3G lebih lambat, 4G lebih cepat. Jadi, kalau ada 3G dan 4G, orang pasti menggunakan 4G," ucapnya.

"Berbeda dengan 2G itu (layanan) suara, sehingga tetap dipertahankan karena masih ada ponsel masyarakat yang menggunakannya. Sedangkan, 4G sudah ada alternatifnya bisa menggunakan 4G," pungkas Menkominfo.



Simak Video "Telkomsel Suntik Mati Jaringan 3G Hari Ini"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/fyk)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT