Menkominfo Sebut Suntik Mati TV Analog Sesuai Jadwal, Gaspol!

Menkominfo Sebut Suntik Mati TV Analog Sesuai Jadwal, Gaspol!

Agus Tri Haryanto - detikInet
Senin, 28 Mar 2022 19:03 WIB
Ilustrasi migrasi TV analog ke digital atau Analog Switch Off (ASO).
Foto: Getty Images/EyeEm/Rene Wassenbergh / EyeEm
Jakarta -

Suntik mati TV analog atau Analog Switch Off (ASO) tidak akan molor alias sesuai jadwal yang telah ditetapkan.

Kepastian itu ditegaskan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate ditemui di Gedung Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Jakarta, Senin (28/3/2022).

"TV Digital sampai saat ini masih sesuai jadwal di mana Analog Switch Off tahap pertama dilakukan 30 April," ujar Menkominfo.

Saat ini, Kominfo bersama penyelenggara multipleksing (mux) telah membagikan set top box gratis TV digital kepada rumah tangga miskin mulai 15 Maret dan diharapkan selesai pada 30 April 2022.

Dari 6,7 juta set top box gratis yang diestimakan kepada rumah tangga miskin, 3,2 juta di antaranya disalurkan pada ASO tahap pertama ini.

"Pembagian sedang berlangsung yang dibagi ke dalam tiga tahapan, wilayah pertama sedang berlangsung. Jadwalnya tanggal 30 April dilakukan switch off nanti wilayah yang sudah ditetapkan dan dibagikan set top box-nya itu analog dimatikan dan digitalnya dihidupkan itu mulailah masyarakat layanan digital," jelasnya.

Menkominfo juga mengingatkan kepada masyarakat mampu untuk memeriksa kembali perangkat televisinya, apakah sudah mendukung siaran TV digital atau belum.

"Sekali lagi mengingatkan kepada masyarakat untuk memeriksa TV-nya, sudah digital DVB T2 atau belum. Kalau sudah maka secara otomatis menerima layanan digital, kalau belum maka memasang set top box," pungkasnya.

Suntik mati TV analog akan mulai dilakukan pada 30 April 2022. Kemudian dilanjutkan penghentian siaran TV analog ke TV digital tahap kedua pada 25 Agustus 2022, dan terakhir 2 November 2022.



Simak Video "Wilayah Jabodetabek Siap-siap Migrasi TV Analog ke Digital"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/rns)