Set Top Box Gratis Mulai Dibagi, Ini Cara Cek Siaran TV Digital

ADVERTISEMENT

Set Top Box Gratis Mulai Dibagi, Ini Cara Cek Siaran TV Digital

Agus Tri Haryanto - detikInet
Selasa, 15 Mar 2022 15:51 WIB
Pemerintah mewanti-wanti masyarakat untuk bersiap migrasi ke TV digital. Set top box (STB) untuk migrasi ke TV digital pun sudah mulai marak dijual di toko elektronik.
Ilustrasi siaran TV digital (Foto: Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta -

Terhitung mulai hari ini, Selasa (15/3/2022) pembagian set top box gratis TV digital mulai dibagikan. Nah, bagi yang sudah menerima atau memiliki dengan cara membelinya ini cara menyaksikan siaran TV digital.

Meski suntik mati TV analog atau Analog Switch Off (ASO) baru akan dilakukan pada 30 April 2022. Saat ini, siaran TV digital sudah tersedia berkat adanya siaran simulcast.

"Hadirnya siaran simulcast agar masyarakat dapat berpindah dan bisa menikmati siaran TV digital saat ini juga," ujar Plt Dirjen PPI Kementerian Kominfo, Ismail, beberapa waktu lalu.

Di saat yang bersamaan, pemerintah melalui Kominfo terus mengajak agar stasiun televisi, untuk membawa killer content atau konten yang menghadirkan banyak penonton, seperti pertandingan sepakbola, badminton, maupun sinetron dihadirkan tersedia secara eksklusif di TV digital.

Cara tersebut sebagai salah satu untuk masyarakat beralih dari penggunaan siaran TV analog ke TV digital.

"Mudah-mudahan nanti nonton bola itu hanya tersedia di TV digital, sehingga killer content ini dapat menarik masyarakat untuk berpindah," ungkapnya.

Ini Cara Cek Siaran TV Digital di wilayah kalian:


1. Cek Perangkat Televisi

Untuk menikmati siaran TV digital, pastikan terlebih dahulu bahwa perangkat televisi kalian bukan TV analog yang bentuknya masih TV tabung. Selain itu, ciri lainnya TV digital ini sudah didukung DVB-T2.

Sebenarnya, TV analog bisa menangkap siaran TV digital dengan bantuan perangkat bernama Set Top Box. Bagi keluarga miskin, nanti pemerintah akan membagikannya secara gratis melalui kantor pos.

2. Cek Situs Kominfo

Tahap selanjutnya, kalian bisa mengecek wilayah yang ada siaran TV digital lewat browser, kunjungi https://siarandigital.kominfo.go.id/informasi/lembaga-penyiaran. Di halaman ini, kalian bisa melihat jangkauan siaran dan wilayah-wilayah yang sudah ada siaran TV digital.

3. Aplikasi SinyalTVDigital

Cara berikutnya menggunakan aplikasi SinyalTVDigital yang jauh lebih mudah. Aplikasi ini tak hanya membantu mengetahui apakah lokasi kalian sudah ada siaran TV digital, tetapi juga mengecek apakah sinyal TV digital lemah, jelek, bahkan hilang.

Aplikasi ini sangat tepat digunakan sebelum memutuskan untuk membeli perangkat TV digital TV DVB-T2 atau STB DVB-T2. Caranya:

  • Download aplikasi sinyalTVdigital di Google Play Store
  • Buka aplikasi dan izinkan untuk mengakses lokasi kalian
  • Tampilan aplikasi akan berubah sesuai lokasi
  • Tap ikon layer atau kotak bertumpuk di kanan atas, dekat ikon zoom in dan zoom out
  • Cek warna yang muncul pada peta. Sinyal terkuat adalah merah, sedangkan sinyal lemah berwarna putih



Simak Video "Daftar STB TV Digital Tersertifikasi Kominfo, Harga Rp 100 Ribuan"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT