Serangan KKB di PTT Papua, 8 Karyawan Tewas dan 1 Orang Dievakuasi

Serangan KKB di PTT Papua, 8 Karyawan Tewas dan 1 Orang Dievakuasi

ADVERTISEMENT

Serangan KKB di PTT Papua, 8 Karyawan Tewas dan 1 Orang Dievakuasi

Tim - detikInet
Sabtu, 05 Mar 2022 17:37 WIB
Rudiantara, Palapa Ring Papua, Palapa Ring Timur
Serangan KKB di PTT Papua, 8 Orang Karyawan Tewas dan 1 Orang Dievakuasi. Foto: Syahdan Alamsyah/detikINET
Jakarta -

Terjadi serangan KBB (Kelompok Kriminal Bersenjata) di Puncak, Papua, yang mengakibatkan 8 orang tewas. Berdasarkan laporan yang detikINET terima, hanya 1 orang yang berhasil diselamatkan.

Evakuasi yang berlangsung pada hari Sabtu, tanggal 5 Maret 2022 dilakukan dengan menggunakan helikopter milik TNI/Polri dan helikopter yang disewa oleh Perusahaan serta dibantu oleh aparat gabungan TNI/Polri untuk mengamankan lokasi.

Dalam press release, PT. Palapa Timur Telematika (PTT) bersama dengan aparat gabungan TNI/Polri mengaku akan mengupayakan dengan usahanya yang terbaik untuk mengevakuasi kembali 8 korban jiwa yang masih berada di site tower B3. Tower B3 merupakan bagian dari Proyek Strategis Nasional Infrastruktur Prioritas milik Palapa Ring Timur.

"Evakuasi yang didahului pada korban yang selamat didasarkan pada faktor keamanan, keselamatan dan keadaan cuaca di lokasi site tower B3 tersebut. Sementara dugaan penyerangan ini masih didalami pihak keamanan untuk mengetahui motif dan penyebab kematian dari karyawan Perusahaan, karyawan dari kontraktor Perusahaan dan masyarakat lokal pemandu," demikian bunyi beberapa baris kalimat dalam siaran tersebut.

Lebih lanjut, PT. Palapa Timur Telematika mengungkapkan bela sungkawa terhadap insiden tersebut dan berjanji akan mengupayakan segala cara guna bisa memulangkan jenazah korban ke kediaman masing-masing. Mereka juga menjanjikan pendampingan dan perawatan untuk korban yang selamat dalam kejadian itu.

Sebelumnya, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate buka suara terkait delapan karyawan Palapa Timur Telematika (PTT) tewas diserang oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Kabupaten Puncak, Papua.

"Kami menyampaikan ucapan belasungkawa yang mendalam kepada keluarga dari pekerja PT PTT yang menjadi korban dan serangan senjata yang terjadi pada 2 Maret 2022 sekitar pukul 03.00 WIT berlokasi di Site Repeater B3 (CO 53M 756085 9585257) Distrik Mulia, Kabupaten Puncak, Provinsi Papua (Site Repeater B3)," ujar Menkominfo.



Simak Video "Polri Pastikan 8 Jenazah Karyawan PTT Korban KKB Telah Terevakuasi"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/rns)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT