Telkomsel-XL Bawa 5G ke Sirkuit Mandalika, Bisa Apa Saja?

Telkomsel-XL Bawa 5G ke Sirkuit Mandalika, Bisa Apa Saja?

ADVERTISEMENT

Telkomsel-XL Bawa 5G ke Sirkuit Mandalika, Bisa Apa Saja?

Agus Tri Haryanto - detikInet
Rabu, 16 Feb 2022 16:50 WIB
Hari kedua tes pramusim MotoGP 2022 di Sirkuit Mandalia sudah selesai. Luca Marini keluar sebagai pebalap tercepat dengan torehan waktu 1 menit 31,289 detik.
Telkomsel-XL Bawa 5G ke Sirkuit Mandalika, Bisa Apa Aja?. Foto: ANTARA/ANDIKA WAHYU
Jakarta -

Dua operator seluler, Telkomsel dan XL Axiata akan 'adu ngebut' internet 5G dengan para pebalap MotoGP di Sirkuit Mandalika, Nusa Tenggara Barat.

Sebelumnya para rider MotoGP telah menjajal Sirkuit Mandalika selama tes pramusim pada 11-13 Februari kemarin. Sedangkan event MotoGP sesungguhnya bakal digelar pada 18-20 Maret 2022.

"Khusus untuk 5G, pada gelaran MotoGP di bulan Maret nanti akan disiapkan dua jenis pengalaman bagi pengunjung, yaitu dalam bentuk 5G Experience dan 5G Showcase," ujar Menkominfo Johnny G. Plate.

5G Experience

Telkomsel yang sebelumnya sudah menghadirkan 5G secara komersial di beberapa lokasi, akan menggunakan pita frekuensi yang sama, yakni 2,1 GHz di sejumlah titik lokasi, baik di area Sirkuit Mandalika atau sekitar hotel.

Selain itu, Telkomsel bersama XL Axiata akan menggunakan pita frekuensi 3,5 GHz untuk memperkuat 5G Experience, khususnya bagi pengunjung yang berada di dalam Sirkuit Mandalika.

Menkominfo mengatakan untuk menikmati layanan 5G ini, maka pengunjung memastikan bahwa smartphone yang dipakai mendukung jaringan seluler generasi kelima di pita frekuensi 2,1 GHz (band n1) dan 3,5 GHz (band n77 dan n78).

Apabila masyarakat masih menggunakan jaringan 3G, maka diharuskan untuk menggantikan dengan uSIM. Sedangkan, yang sudah uSIM alias pakai jaringan 4G, maka tidak perlu ganti kartu SIM lagi.

"Selain itu, juga agar dipastikan kartu SIM telah di-upgrade menjadi uSIM," ucap Menkominfo.

5G Showcase

Berbicara mengenai 5G Showcase yang disediakan Telkomsel dan XL Axiata dengan menampilkan beberapa jenis potensi use case teknologi 5G, antaralian Motorbike Augmented Reality (AR) Gaming, 360 degree camera untuk 5G Live Broadcasting, drone, smart robot, AR Motorbike Engine Maintenance, dan Cloud Gaming bertema motor race.



Simak Video "Menara 5G Dilaporkan Ganggu Penerbangan Pesawat di AS!"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/fyk)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT