Kominfo Perkirakan Jaringan 5G Merata Tahun 2025, Kalau ...

ADVERTISEMENT

Kominfo Perkirakan Jaringan 5G Merata Tahun 2025, Kalau ...

Agus Tri Haryanto - detikInet
Selasa, 08 Feb 2022 07:45 WIB
Ilustrasi 5G
Kominfo Perkirakan Jaringan 5G Merata Tahun 2025, Kalau ... Foto: Dok. Ericsson
Jakarta -

Penggelaran 5G di Indonesia masih tahap awal, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengharapkan implementasi 5G mulai merata tahun 2025.

Jaringan 5G pertama kali hadir pada Mei 2021, di mana Telkomsel menjadi yang mengawali kehadiran teknologi seluler teranyar itu di tanah air.

Selain itu, ada Indosat Ooredoo Hutchison dan XL Axiata yang sudah mengantongi izin komersialisasi 5G dengan menyambangi sejumlah kota-kota besar di Indonesia.

Dirjen SDPPI Kementerian Kominfo, Ismail mengatakan bahwa pemerintah menelaah pengalaman dari implementasi 4G yang mana membutuhkan waktu 6-7 tahun dan itu masih berkembang sampai sekarang.

"Maka, 5G tentu kita harapkan akan lebih cepat dari itu. Waktunya sejak diimplementasikan, kita harapkan 2024-2025 sudah bisa meluas dan merata seperti halnya kondisi 4G seperti sekarang," kata Ismail dalam siaran persnya, Senin (7/2/2022).

Ismail menekankan kata kunci dari dimulainya penggunaan 5G adalah tepat waktu dan tepat sasaran. Hal ini yang akan mengantarkan Indonesia menuju 5G sepenuhnya.

"Kata kuncinya adalah in time, tepat waktu dan tepat sasaran yang selalu menjadi isu dan pembahasan, baik dari kementerian atau pemerintah dan regulator dengan para operator," tandasnya.

Menurutnya, jika implementasi 5G dalam waktu cepat artinya kemungkinan besar Indonesia akan menanggung biaya learning dari sebuah teknologi 5G. Namun demikian, sebaliknya jika terlalu lambat hanya akan menjadi pasar untuk tidak bisa ikut serta dan menjadi tuan rumah di negeri sendiri.

"Jadi, implementasi 5G ini merupakan sebuah keniscayaan, tapi harus kita atur ritme dan timing-nya agar implementasinya benar-benar produktif buat kepentingan bangsa dan negara," jelasnya.

Ismail menambahkan tiga operator besar yang mendapat restu dari Kominfo untuk menggelar 5G secara komersial di Indonesia jadi salah satu menuju implementasi 5G di beberapa kota di dalam bentuk spot area.

"Tapi kita tentu belum cukup puas dalam kondisi seperti ini, masih banyak tantangan-tantangan yang harus dikembangkan lagi agar implementasi 5G bisa berkembang sangat cepat atau lebih cepat dari yang kita harapkan," pungkasnya.



Simak Video "Redmi 10 5G Resmi Rilis di Indonesia, Ini Harga dan Spesifikasinya "
[Gambas:Video 20detik]
(agt/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT