Siaran TV Digital Sudah Ada, Yuk Cek Cara Menyaksikannya

Siaran TV Digital Sudah Ada, Yuk Cek Cara Menyaksikannya

Agus Tri Haryanto - detikInet
Jumat, 28 Jan 2022 12:45 WIB
TOKYO, JAPAN - JULY 29: A woman watches Olympics games on televisions at an electronics retail store on July 29, 2021 in Tokyo, Japan. Fans have been barred from most Olympic events due to the Covid-19 pandemic, which also caused the Games yearlong postponement. (Photo by Yuichi Yamazaki/Getty Images)
Siaran TV Digital Sudah Ada, Yuk Cek Caranya. Foto: Getty Images/Yuichi Yamazaki
Jakarta -

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengungkapan siaran TV digital sudah tersedia saat ini. Masyarakat dapat menikmati suguhan konten yang bersih, jernih, dan canggih tersebut.

Migrasi TV analog ke digital atau dikenal dengan Analog Switch Off (ASO) akan dilakukan pada 30 April 2022 dan ditargetkan rampung pada 2 November 2022.

Plt Dirjen PPI Kementerian Kominfo, Ismail mengungkapkan, sebanyak 291 dari 697 atau 41,75% lembaga penyiaran sudah bersiaran secara digital.

Ismail mengatakan bahwa pemerintah telah meminta para penyelenggara multipleksing (mux) untuk menjalankan siaran simulcast, yaitu siaran TV analog dan siaran TV digital yang dilakukan bersamaan.

"Hadirnya siaran simulcast agar masyarakat dapat berpindah dan bisa menikmati siaran TV digital saat ini juga," ujar Ismail.

Berbicara konten penyiarannya, Kominfo juga mengajak penyelenggara mux agar menghadirkan killer content, seperti pertandingan sepakbola, badminton, atau sinetron.

"Mudah-mudahan nanti nonton bola itu hanya tersedia di TV digital, sehingga killer content ini dapat menarik masyarakat untuk berpindah," ungkapnya.

Cara Cek Siaran TV Digital

1. Cek Perangkat Televisi

Untuk menikmati siaran TV digital, pastikan terlebih dahulu bahwa perangkat televisi kalian bukan TV analog yang bentuknya masih TV tabung. Selain itu, ciri lainnya TV digital ini sudah didukung DVB-T2.

Sebenarnya, TV analog bisa menangkap siaran TV digital dengan bantuan perangkat bernama Set Top Box. Bagi keluarga miskin, nanti pemerintah akan membagikannya secara gratis.

2. Cek Situs Kominfo

Tahap selanjutnya, kalian bisa mengecek wilayah yang ada siaran TV digital lewat browser, kunjungi https://siarandigital.kominfo.go.id/informasi/lembaga-penyiaran. Di halaman ini, kalian bisa melihat jangkauan siaran dan wilayah-wilayah yang sudah ada siaran TV digital.

3. Aplikasi SinyalTVDigital

Cara berikutnya menggunakan aplikasi SinyalTVDigital yang jauh lebih mudah. Aplikasi ini tak hanya membantu mengetahui apakah lokasi kalian sudah ada siaran TV digital, tetapi juga mengecek apakah sinyal TV digital lemah, jelek, bahkan hilang. Aplikasi ini sangat tepat digunakan sebelum memutuskan untuk membeli perangkat TV digital TV DVB-T2 atau STB DVB-T2. Caranya:

  • Download aplikasi sinyalTVdigital di Google Play Store
  • Buka aplikasi dan izinkan untuk mengakses lokasi kalian
  • Tampilan aplikasi akan berubah sesuai lokasi
  • Tap ikon layer atau kotak bertumpuk di kanan atas, dekat ikon zoom in dan zoom out
  • Cek warna yang muncul pada peta. Sinyal terkuat adalah merah, sedangkan sinyal lemah berwarna putih



Simak Video "Wilayah Jabodetabek Siap-siap Migrasi TV Analog ke Digital"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/fay)