Wussh! Internet 4G dan 5G Siap Melesat Saat MotoGP Mandalika 2022

Wussh! Internet 4G dan 5G Siap Melesat Saat MotoGP Mandalika 2022

Agus Tri Haryanto - detikInet
Sabtu, 22 Jan 2022 21:15 WIB
Ajang World Superbike sukses digelar di sirkuit Mandalika Lombok NTB pada November lalu. Di bulan Maret 2022, sirkuit kebanggaan Indonesia itu bakal masuk dalam kalender MotoGP 2022. Mandalika terus berbenah.
Foto: Rachman_punyaFOTO
Jakarta -

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate mengungkapkan pemerintah menambah bandwidth dan menyiapkan 5G experience untuk MotoGP Mandalika 2022.

Bandwidth tambahan ini untuk memperlancar akses internet 4G di sekitar Sirkuit Mandilka dan sekitarnya. Sedangkan, ketersediaan 5G experience untuk memperlihatkan bahwa Indonesia juga siap terjun di teknologi seluler paling anyar.

"Pasti saat ini 4G akan menjadi tulang punggung komunikasi, tetapi kita juga menyiapkan untuk 5G experience. Di samping Telkomsel, XL dan Indosat Ooredoo Hutchison pun sudah siap untuk menghadirkan 5G experience," kata Menkominfo dalam siaran persnya, Sabtu (22/1/2022).

Disampaikannya, cakupan layanan, baik itu 4G maupun 5G akan disediakan di beberapa tempat strategis, seperti berkumpulnya media, akomodasi, security, international airport, dan venue sirkuit MotoGP Mandalika.

Untuk mengantisipasi kenaikan trafik telekomunikasi di lokasi, Kominfo menyiapkan spektrum tambahan agar komunikasi para pengguna internet tidak jadi lemot.

Menurut Johnny, rata-rata penggunaan kapasitas internet paling rendah antara 2-3 Mbps kecepatan harus disiapkan. Saat ini, Kominfo telah mengukur ketersediaan di wilayah Mandalika di atas 10 Mbps.

"Saya diinformasikan bahwa akan ada 110 ribu pengunjung ke Mandalika, berarti traffic bandwidth-nya tinggi. Kita harus menyiapkan bandwidth yang cukup agar speed upload dan download internetnya juga lancar," jelas Menkominfo.

Sedangkan untuk demo 5G, Kominfo menyediakan spektrum di pita frekuensi 26 GHz dan 28 GHz kepada Telkom guna menghadirkan demo 5G.

Sementara itu, untuk penyelenggara telekomunikasi XL Axiata pun akan unjuk gigi 5G-nya dengan teknologi fixed wireless access dan immersive extended reality berupa virtual racing.

"Ada banyak nanti 5G yang ditempatkan di Mandalika untuk experience-nya memanfaatkan virtual reality itu bisa nanti disaksikan. Pada intinya kerjasama antara Kominfo dengan operator seluler maupun dengan operator fiber optik kita koordinasikan terus menerus," tutur Johnny.

MotorGP Mandalika yang akan berlangsung pada tanggal 18-20 Maret 2022 mendatang, bersama Komandan Lapangan MotoGP Mandalika akan melakukan uji coba pada tanggal 11 s.d. 13 Februari 2022.



Simak Video "Menkominfo Bicara Soal Kabar 5G Ganggu Penerbangan di AS"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/afr)