Ini Bocoran Pembagian Set Top Box Gratis TV Digital dari Kominfo

Ini Bocoran Pembagian Set Top Box Gratis TV Digital dari Kominfo

Agus Tri Haryanto - detikInet
Selasa, 18 Jan 2022 18:45 WIB
Ilustrasi migrasi TV analog ke digital atau Analog Switch Off (ASO).
Ini Bocoran Pembagian Set Top Box Gratis TV Digital dari Kominfo. Foto: Getty Images/EyeEm/Rene Wassenbergh / EyeEm
Jakarta -

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengungkapkan data penerima set top box gratis tv digital sudah valid dan siap didistribusikan kepada masyarakat.

Kelompok masyarakat yang jadi penerima bantuan ini adalah keluarga yang memiliki perangkat televisi di rumahnya, meskipun masih berupa TV analog.

Dengan diberikannya set top box gratis dari pemerintah tersebut, masyarakat miskin ini dapat menikmati siaran TV digital yang akan mulai mengudara sejak 30 April 2022.

Adapun jumlah set top box gratis TV digital ini mencapai 6,7 juta unit yang akan disalurkan ke seluruh Indonesia. Sumber STB gratis itu berasal dari pemerintah dan penyelenggara multipleksing (mux).

"Mengenai set top box, mudah-mudahan dalam waktu dekat ini, sebelum tahapan satu itu sudah dilakukan pembagian," ujar Direktur Penyiaran Ditjen PPI, Kementerian Kominfo, Geryantika Kurnia dikutip dari YouTube Kominfo, Selasa (18/1/2022).

Dalam distribusi set top box gratis TV digital tersebut, Kominfo akan menggandeng PT Pos Indonesia dan perusahaan kurir lainnya ke masyarakat.

Disampaikannya juga, data penerima bantuan ini sudah valid dan ditangan Kominfo setelah melakukan koordinasi dengan Kementerian Sosial.

"Kita sudah ada data valid dari Kementerian Sosial (penerima set top box gratis). Mungkin nanti ada pembagian simbolis yang melibatkan asosiasi hingga KPID," ungkapnya.

Gery menegaskan distribusi set top box gratis TV digital ini tinggal menunggu momentum saja.

"Datanya kita sudah punya sampai end user, tinggal dijalankan. Pemerintah sudah siap. Harapannya secepatnya dibagikan, selesai Maret, tinggal janjian dengan pihak swasta," kata Gery.

Sebelumnya, Asosiasi Televisi Siaran Digital Indonesia (ATSDI) mendesak agar Kementerian Kominfo segera menyalurkan set top box gratis TV digital kepada keluarga miskin. Mengingat ini sudah memasuki akhir Januari dan implementasi suntik mati TV analog dilakukan mulai 30 April 2022.

"Kami sesalkan waktu Analog Switch Off diundur. Kami tegaskan ke pemerintah agar selanjutnya distribusi STB dilakukan sejak September hingga Januari. Kalau sekarang belum dibagikan, itu sudah mepet," ujar Ketua Umum ATSDI Eris Munandar.

Berikut jadwal suntik mati TV analog wilayah Indonesia:

Tahap 1
30 April 2022 di 56 Wilayah mencakup 166 Kabupaten/Kota

Tahap 2
25 Agustus 2022 di 31 Wilayah mencakup 110 Kabupaten/Kota

Tahap 3
2 November 2022 di 25 Wilayah mencakup 63 Kabupaten/Kota



Simak Video "Ini Cara Mendapatkan Set Top Box TV Digital Gratis"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/fyk)