Add Yours Instagram Disalahgunakan, Ini Bahaya di Baliknya

Add Yours Instagram Disalahgunakan, Ini Bahaya di Baliknya

Tim - detikInet
Rabu, 24 Nov 2021 14:30 WIB
Stiker Add Yours Instagram Disalahgunakan untuk Penipuan
Imbauan Kominfo Soal Sticker Add Yours Instagram Disalahgunakan. Foto: (Instagram)
Jakarta -

Sticker Add Yours di Instagram mendadak jadi buah bibir para netizen karena rawan untuk penyalahgunaan data pribadi. Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) ingatkan dampak mengumbar data pribadi di media sosial.

Semula fitur yang hadir di Instagram stories tersebut sebagai tantangan alias challenge untuk membagikan foto maupun video sesuai dengan isi tantangan yang dituliskan di Add Yours tersebut.

Namun saking serunya untuk berbagi, pengguna terlena bahwa tantangan tersebut sudah merambah ranah data pribadi. Misalnya, variasi panggilan nama kamu, berapa jarak usia dengan pasangan, nama anak, tempat tanggal lahir, foto KTP dan lainnya yang sudah masuk ranah privasi untuk diperlihatkan ke orang lain.


Informasi tersebut yang kemudian disalahgunakan pelaku kejahatan siber dengan modal melihat stories korban di Instagram.

Dalam postingan akun Instagram Kementerian Kominfo menyinggung hal ini tak terlepas dari FOMO alias Fear of Missing Out, yang mana pengguna terbawa arus tren sedang naik, termasuk fitur Add Yours.

"Tahukah Sob, informasi yang diminta dan kita bagikan jika kumpulkan bisa menjadi kumpulan data pribadi. Data pribadi yang kita sebarkan ke dunia maya berpeluang untuk disalahgunakan oleh pihak tidak bertanggung jawab," tulis Kominfo.

[Gambas:Instagram]


Berawal dari hal tersebut, kejahatan pencurian data pribadi atau social engineering dilancarkan. Modus-modus kejahatan social engineering, seperti berikut:

  • Menipu korban dengan teknik manipulasi psikologi agar mau menyerahkan informasi pribadi secara sukarela
  • Menelpon dan mengaku sebagai customer service/staf dari instansi keuangan yang mengatasnamakan perusahaan
  • Meminta data pribadi
  • Menukarkan SIM card pelaku dengan nomor ponsel target
  • Mengirim link melalui aplikasi pesan atau email yang mengarahkan ke website phising atau aplikasi penyalahgunaan data pribadi

Untuk itu, Kominfo mengimbau netizen agar tidak mudah tergiur dengan tren yang ada, seperti Add Yours yang menjurus penyalahgunaan data pribadi. Pikirkan dampaknya terlebih dahulu sebelum melakukannya. Bila ditelpon oleh seseorang yang mencurigakan, segera tutup dan blokir nomornya, dan yang penting simpan data pribadi dengan baik. Lebih baik Add Yours dipakai untuk posting yang lucu dan menghibur saja, bukan data pribadi kita sendiri.



Simak Video "Viral! Ada yang Ngaku Tertipu Gegara 'Add Yours' Instagram"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/fay)