Bebas Setelah Lama Dikurung, Bos Huawei: Terima Kasih Xi Jinping!

Bebas Setelah Lama Dikurung, Bos Huawei: Terima Kasih Xi Jinping!

Fino Yurio Kristo - detikInet
Minggu, 26 Sep 2021 12:00 WIB
Shenzhen -

Meng Wanzhou telah tiba di China, ia mendarat di Bao'an International Airport di kota Shenzhen. Kedatangannya dielu-elukan oleh banyak warga yang berjejalan di bandara itu. Meng yang adalah putri pendiri Huawei Ren Zhengfei pun mengucap rasa syukurnya.

"Akhinya, saya berada di rumah," katanya di depan banyak orang yang menyambutnya di bandara, seperti dikutip detikINET dari CGTN.

Secara khusus, dia mengucap terima kasih pada presiden China, Xi Jinping. "Presiden Xi memperhatikan tentang keselamatan setiap warga China. Saya sangat terharu," ucap Meng.

Chief Financial Officer Huawei ini juga berterimakasih pada semua pihak yang mendukungnya. "Mereka dengan teguh melindungi hak dan kepentingan perusahaan dan warga China," pungkasnya.

Pembebasan Meng adalah hasil negosiasi bolak-balik antara Amerika - Kanada - China. Dari hasil negosiasi ini, China juga melepaskan 2 WN Kanada dari tahanan atas tuduhan spionase yaitu pengusaha Michael Spavor dan mantan diplomat Michael Korvig.

Beberapa jam setelah Meng Wanzhou terbang pulang China, PM Kanada Justin Trudeau mengumumkan 2 WN Kanada dibebaskan dan sedang dalam perjalanan pulang bersama Dubes Kanada untuk China Dominic Burton.

Meng telah menjalani tahanan rumah selama hampir 3 tahun di Vancouver, Kanada. Penahanan Meng yang dilakukan otoritas Kanada atas nama pemerintah AS ini berkaitan dengan dugaan penipuan terhadap Bank HSBC dan penipuan wire, di mana dia dituduh menyembunyikan hubungan bisnis dengan Iran yang dilakukan Skycom, anak perusahaan Huawei.

China sudah berulangkali menyatakan protes terhadap penahanan itu. Duta besar China untuk Kanada, Cong Peiwu, pernah menyatakan pihaknya akan terus meminta Kanada memperbaiki kesalahannya dan melepaskan Meng secepatnya.

"Tanah Air besar kita dan hampir 1,4 miliar orang China adalah suporter Anda yang paling setia. Kami berharap Anda kembali ke China dengan selamat dalam waktu secepatnya," begitu pesan Cong pada Meng Wanzhou.

(fyk/fyk)