Kominfo Bakal Hubungkan 'Tol Langit' dengan Palapa Ring Integrasi

Kominfo Bakal Hubungkan 'Tol Langit' dengan Palapa Ring Integrasi

Agus Tri Haryanto - detikInet
Selasa, 14 Sep 2021 18:45 WIB
Internet cepat
Kominfo Bakal Hubungkan 'Tol Langit' dengan Palapa Ring Integrasi (Foto: Agus Tri Haryanto/detikINET)
Jakarta -

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) berencana untuk menghubungkan proyek 'Tol Langit' Palapa Ring dengan menggelar jaringan sepanjang 12.083 kilometer.

Jaringan tersebut nantinya akan mempersatukan Palapa Ring Barat, Palapa Ring Tengah, dan Palapa Ring Timur. Harapannya, dengan adanya Palapa Ring Integrasi ini tidak ada lagi persoalan

Seperti sebelumnya, Palapa Ring Integrasi akan dikomando oleh Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (Bakti) sebagai Badan Layanan Umum (BLU) di bawah Kementerian Kominfo.

"Palapa Ring yang sudah kita bangun itu konsep minimalis yang terbagi ke dalam tiga paket, yaitu barat, tengah, dan timur. Ini konsep minimalis karena terpisah untuk masing-masing paketnya," ujar Direktur Utama Bakti Kominfo, Anang Latif dalam webinar Apa Kabar Tol Langit?, Selasa (14/9/2021).

"Jadi, belum ada keandalan jaringan apabila salah satu jaringan terputus. Ini yang kami sekarang tingkat untuk jadi resilience (ketangguhan), misalnya terputus, itu tetap terhubung. Itu kenapa lahirnya konsep Palapa Ring Integrasi," sambungnya.

Saat ini, Bakti tengah mencari sumber pendanaan untuk pembangunan infrastruktur telekomunikasi tersebut. Dibutuhkan belanja modal mencapai Rp 8,6 triliun untuk merealisasikan proyek teranyar ini.

Disampaikan Anang, Palapa Ring Integrasi dijadwalkan dibangun mulai tahun depan dengan target pembangunan selama dua tahun alias rampung pada tahun 2023.

Bakti Kominfo berencana untuk menghubungkan Palapa Ring alias 'Tol Langit' dengan Palapa Integrasi.Bakti Kominfo berencana untuk menghubungkan Palapa Ring alias 'Tol Langit' dengan Palapa Integrasi. Foto: Screenshot

Adapun, Palapa Ring Integrasi sepanjang 12.083 kilometer yang terdiri dari 8.203 kilometer merupakan kabel darat dan 3.880 kilometer adalah kabel laut. Pembangunan jaringan ini akan dilakukan dua tahap, yakni tahap pertama sepanjang 5.226 kilometer pada tahun 2022 dan tahap kedua 6.857 kilometer pada tahun 2023.

Rute jaringan Palapa Ring Integrasi melewati Nusa Tenggara ke Papua, melalui Maluku, Sulawesi, Kalimantan, hingga Batam. Kemudian, Batam langsung terhubung ke Jakarta.

"Seluruh jaringan Palapa Ring di barat, tengah dan timur terintegrasi. (Palapa Ring Integrasi) ini melengkapi khasanah semua jaringan. Ini juga menjadi jaringan internasional. Selain keandalan jaringan, utilisasi juga meningkat. Bisa dibayangkan, tol langitnya jalur masuknya jadi banyak," pungkasnya.



Simak Video "Jokowi Minta 'Tol Langit' Tersambung ke Rumah"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/fay)