Muhammad Kece dan 4 Kasus Youtuber Kontroversial di Indonesia

Round-up

Muhammad Kece dan 4 Kasus Youtuber Kontroversial di Indonesia

Tim Detik - detikInet
Jumat, 27 Agu 2021 07:16 WIB
YouTuber Muhammad Kece
Muhammad Kece dan 4 Kasus Youtuber Kontroversial di Indonesia (Foto: dok ist)
Jakarta -

Sepertinya, kasus YouTuber kontroversial semakin marak di Indonesia. Seperti misalnya Muhammad Kece, yang ditangkap polisi atas dugaan penistaan Agama Islam melalui Channel Youtube-nya.

Akan tetapi kenyataan yang terjadi, tidak hanya ia saja. Masih ada beberapa YouTuber, yang dinilai menimbulkan polemik di kalangan masyarakat.

Mungkin, detikers masih mengingat kasus Jozeph Paul Zhang, musisi Anji, Turah Parthayana dan The Connell Twins. Bila kalian lupa, mungkin bisa menyimak penjelasan singkat terkait rangkuman ini, seperti dihimpun detikINET, Jumat (27/8/2021).

Berikut 5 Kasus Youtuber Kontroversial di Indonesia:

1. Anji

Percakapan Anji dengan Hadi Pranoto, ternyata menuai perdebatan dan kontroversi di kalangan netizen. Video yang diunggahnya di Youtube, mengandung banyak informasi yang keliru.

Beberapa pernyataan yang muncul, yaitu titik leleh baja dan obat COVID-19. Hadi mengatakan, bahwa titik leleh baja berada pada temperatur 350 derajat Celcius.

Sedangkan menurut The Engineering ToolBox, baja karbon meleleh pada suhu 1.425-1540 derajat Celcius. Lalu, baja stainless meleleh pada suhu 1.510 derajat Celcius.

Tidak hanya itu, video tersebut juga dilaporkan ke Polda Metro Jaya, mengenai klaim Hadi yang menemukan obat COVID-19. Keduanya dilaporkan, atas tuduhan menyebarkan berita bohong, dalam Laporan Polisi (LP) bernomor LP/4538/VIII/YAN.2.5/2020/SPKT PMJ. tanggal 3 Agustus 2020.

Sehingga, YouTube mengambil tindakan tegas dengan menghapusnya, karena dinilai tidak benar dan bisa menyesatkan.

2. Turah Parthayana

Siapa yang menyangka, seorang YouTuber populer dan dikenal sebagai sosok menginspirasi, Turah Parthayana, diduga melakukan tindak pelecehan seksual.

Semua berawal dari thread di Twitter, yang dibuat oleh akun Libur panjang @sandi_sa119. Ia menceritakan bagaimana hal tidak terpuji tersebut dilakukan oleh Turah.

"Kronologi 1: Awal si @Turahpartayana, ngajak si korban nonton. Udah mulai grepek2. Note: Korban dan si pelaku itu satu dorm," tulisnya dalam salah satu kicaunya.

Sementara itu, manajernya telah memberikan klarifikasi. Menurutnya, apa yang dilakukan oleh artisnya, merupakan kesalahan fatal, karena menerima tuduhan yang diarahkan kepadanya, bahwa Turah melakukan pelecehan.

Turah Parthayana sendiri, merupakan seorang konten kreator di YouTube yang memiliki 1,45 juta subscriber. Followers di Instagram pun cukup banyak mencapai 460 ribu followers.

3. The Connell Twins

The Connell Twins adalah saudara kembar berdarah campuran, Indonesia - Australia. Cuplikan video The Conell Twins, Carly dan Christy Conell salah sebut incest menjadi insect sempat viral di medsos.

Apalagi sebelumnya beredar video yang diduga keduanya melakukan adegan inses untuk dijual di sebuah situs penjualan foto dan video seksi. Dalam video tersebut diduga The Conell Twins melakukan hal-hal yang disebut netizen tidak pantas. Ditambah keputusannya untuk menjual foto dan video seksi di platform OnlyFans.

The Connell Twins mengaku, mendapatkan banyak keuntungan dengan menjual di situs tersebut. Bahkan gadis kembar ini, mendapatkan banyak uang dan bisa membeli sebuah apartemen di Australia.

Halaman selanjutnya: Jozeph Paul Zhang dan Muhammad Kece...