TV Analog Masih Dipakai Meski Ada Siaran TV Digital

TV Analog Masih Dipakai Meski Ada Siaran TV Digital

Agus Tri Haryanto - detikInet
Rabu, 11 Agu 2021 07:18 WIB
TV digital
TV Analog Masih Dipakai Meski Ada Siaran TV Digital. Foto: Internet
Jakarta -

Jangan dibuang TV analog kalian, meski saat ini pemerintah akan melakukan menghentikan siaran TV analog pindah ke digital. Sebab, TV analog bisa menangkap siaran TV digital.

TV analog adalah televisi yang masih menggunakan sinyal video yang ditransmisikan dalam gelombang AM, sementara audio ditransmisikan dalam gelombang FM.

Untuk mendapatkan siaran digital, tidak perlu akses jaringan internet. Itu artinya, TV analog masih dimanfaatkan ketika proses Analog Switch Off (ASO) rampung dilakukan.

Meski saat ini, proses migrasi TV analog ke digital Tahap 1 dihentikan, di sejumlah daerah sudah dilakukan sistem penyiaran simulcast, yakni siaran TV analog beroperasi, begitu juga yang digital.

"Dalam masa peralihan ke siaran TV digital, masyarakat tetap bisa untuk menonton siaran TV analog, namun sangat dianjurkan untuk mulai merubah tangkap sinyal antena di rumah dari siaran analog ke digital," kata Kominfo.

Dengan beralih ke sistem penyiaran lebih modern, masyarakat dijanjikan bisa menonton televisi dengan kualitas gambar lebih bersih, suara jernih, sampai menikmati beragam program sesuai keinginan.

Di samping itu, tujuan pemerintah yang dalam hal ini Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) melakukan migrasi TV analog ke digital, agar frekuensi yang dipakai penyiaran, yaitu pita frekuensi 700 MHz dialokasikan untuk telekomunikasi dan kebutuhan lainnya.

Cara menonton siaran TV digital pakai TV analog:

  1. Pastikan bahwa daerah kalian sudah tersedia siaran TV digital.
  2. Diperlukan antena rumah biasa, yaitu antena UHF, baik berupa antena luar rumah (outdoor) atau antena dalam rumah (indoor) yang biasa digunakan untuk menangkap siaran TV analog.
  3. Pastikan TV analog kalian sudah dilengkapi dengan penerima siaran televisi digital DVBT2.
  4. Jika televisi di rumah kalian hanya bisa menerima siaran TV analog, diperlukan dekoder set top box untuk membantu mendapatkan siaran TV digital.
  5. Setelah televisi kalian tersambung, pilih opsi pengaturan/setting, lalu pilih auto scan untuk memindah program-program siaran TV digital di sekitar kalian.


Simak Video "Kemkominfo Mulai Migrasi dari Analog ke TV Digital"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/fay)