Larangan Mudik Berlaku, Menkominfo Ajak Lebaran Digital Saja

Larangan Mudik Berlaku, Menkominfo Ajak Lebaran Digital Saja

Agus Tri Haryanto - detikInet
Kamis, 06 Mei 2021 13:39 WIB
Menkominfo Johnny G Plate di Batam meresmikan Data Center Nasional
Foto: Agus Tri Haryanto/detikcom
Jakarta -

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate mengajak masyarakat untuk melaksanakan lebaran digital. Upaya tersebut guna mencegah penyebaran virus Corona (COVID-19).

Diketahui, pemerintah telah melarang masyarakat bepergian ke luar kota pada tanggal 6-17 Mei 2021. Meskipun di saat bersamaan, pemerintah mensyaratkan yang ingin berpergian punya surat keterangan bebas COVID-19 menjadi salah satu syarat yang diatur bagi para pelaku perjalanan di masa larangan mudik 2021.

Menkominfo mengatakan silaturahmi fisik yang biasa berlangsung saat perayaan Idul Fitri, bisa digantikan secara virtual yang saat ini sudah marak digunakan.

"Kita canangkan bersama-sama melakukan lebaran tahun ini sebagai lebaran digital," ungkap Johnny dalam siaran persnya, Kamis (6/5/2021).

Menurut Johnny, lebaran digital tidak akan mengurangi makna dari silaturahmi itu sendiri. Sebab, masyarakat tetap mampu menjalin komunikasi yang efektif dengan sanak saudara lewat perangkat gadget.

"Merayakan acara hari besar hari lebaran nanti secara virtual tetap meriah. Dalam keluarga sendiri dengan berkomunikasi dengan memanfaatkan teknologi yang ada," ungkap dia.

Pemerintah melarang mudik tahun ini bertujuan dapat mengatasi penyebaran pandemi COVID-19 yang sudah berlangsung setahun terakhir.

"Berkahnya di mana kita segenap sekalian bantu mendoakan agar kita berhasil untuk menangani pandemi COVID-19. Tahun lalu pada saat pemerintah mengambil langkah-langkah yang tegas, komunikasi publik yang masif, tetap saja terjadi peningkatan COVID-19 yang luar biasa, lebih dari 90 persen," tuturnya.

"Tahun ini, dengan semua pelajaran dan pengalaman yang kita miliki, Presiden memerintahkan untuk mengambil langkah-langkah yang tepat dan tegas. Tujuannya satu, menyelesaikan dan memperkecil potensi penyebaran virus COVID-19," pungkas Menkominfo.



Simak Video "Menteri Johnny Ungkap Pesan Jokowi soal Infrastruktur Digital RI"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/fay)