Jika WhatsApp Lepas dari Facebook Ini Dampak Buruknya

Jika WhatsApp Lepas dari Facebook Ini Dampak Buruknya

Fino Yurio Kristo - detikInet
Jumat, 11 Des 2020 05:41 WIB
LONDON, ENGLAND - AUGUST 03:  A persons finger is posed next to the Whatsapp app logo on an iPhone on August 3, 2016 in London, England.  (Photo by Carl Court/Getty Images)
Aplikasi WhatsApp. Foto: Carl Court/Getty Images/
Jakarta -

Facebook, bersama Instagram dan WhatsApp, adalah kekuatan besar dan dominan dalam aktivitas warga dunia di internet. Jika gugatan pada Facebook dikabulkan, berbagai dampak buruk bisa terjadi pada ketiga aplikasi tersebut.

Seperti diberitakan, Federal Trade Commission (FTC), lembaga pengawas perdagangan Amerika Serikat, bersama jaksa dari 46 negara bagian, menggugat Facebook terkait aksi monopoli dan menyalahgunakan kekuasaannya sebagai raksasa teknologi. Salah satu tuntutan adalah Facebook melepas atau menjual WhatsApp dan Instagram.

Kabar gugatan itu sempat membuat harga saham Facebook merosot sampai 4%. Instagram telah menjadi sumber pendapatan iklan bagi Facebook dan WhatsApp, walau belum banyak menghasilkan uang, amat populer dan merupakan pusat dari bisnis digital Facebook.

Andai WhatsApp dan Instagram lepas, kerajaan bisnis media sosial Mark Zuckerberg jelas goyang. "Pemecahan seperti ini menakutkan bagi investor karena dalam beberapa cara bisa mengganggu model bisnis," kata Dan Ives, analis bisnis di Wedbush Securities.

Namun demikian, peluang pengadilan mengabulkan gugatan menurut Ives cukup kecil. "Kabarnya memang menggemparkan namun tidak secara masif mengubah situasi bagi Facebook dalam jangka pendek," papar dia.

Tetap saja ada kemungkinan hal itu terjadi dan dampak buruk tidak hanya akan menimpa Facebook, tapi juga WhatsApp dan Instagram. WhatsApp sebagai perusahaan terpisah dari Facebook akan menimbulkan kesulitan besar.

"WhatsApp menghabiskan 6 tahun terakhir bukan fokus ke pendapatan atau laba tapi pertumbuhan user, keandalan dan penyandian, sebuah kemerdekaan yang didapat karena bisnis besar iklan Facebook. WhatsApp membangun bisnis, tapi tak ada garansi akan terbayar dan tanpa uang besar Facebook, WhatsApp akan berada dalam tekanan besar untuk menghasilkan uang," tulis Bloomberg yang dikutip detikINET, Jumat (11/12/2020).

Adapun Instagram bergantung pada teknologi Facebook dalam bisnis iklan dan penyaringan konten. Instagram yang berdiri sendiri akan menghapus akses itu dan tentu merupakan kesulitan besar bagi mereka. Pendek kata, WhatsApp dan Instagram tanpa Facebook ibarat anak ayam kehilangan induk.



Simak Video "Reaksi Facebook Diminta Lepas Instagram-WhatsApp"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fay)