HP Bisa Disadap Lewat Nomor IMEI? Ini Faktanya

HP Bisa Disadap Lewat Nomor IMEI? Ini Faktanya

tim - detikInet
Sabtu, 07 Nov 2020 08:10 WIB
Pengguna smartphone bermasker
HP Bisa Disadap Lewat Nomor IMEI? Ini Faktanya Foto: Shutterstock
Jakarta -

Beredar informasi di media sosial yang menyebutkan bahwa nomor International Mobile Equipment Identity (IMEI) bisa membuat HP disadap oleh negara. Bagaimana jawaban dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo)?

Informasi tersebut beredar di media sosial Facebook, yang berisikan sebuah peringatan bahwa HP kalian sedang dipantau oleh intel Kepolisian Negara. Itu dilihat terteranya garis miring angka 1 yang artinya sedang dalam pengawasan dan apabila angka 2 akan dilakukan penyergapan.

Namun tidak diketahui pasti siapa yang menyebarkan informasi tersebut. Terkait hal itu, Kominfo melalui Tim Ais mengungkapkan faktanya bahwa informasi yang beredar tersebut tidak benar.

"Dari penelusuran Tim Ais Kominfo, nomor IMEI selular dapat diketahui dengan cara menekan *#06#. Namun, dua digit terakhir /1 atau /2 merupakan pembeda versi perangkat lunak, bukan pertanda ponsel yang disadap," tutur Kominfo.

Kominfo juga telah melabeli informasi itu sebagai hoax yang harus diwaspadai masyarakat luas, khususnya para pengguna gagdet.



Nomor IMEI merupakan nomor identitas unik yang dikeluarkan oleh Global System for Mobile Communications Association (GSMA) untuk setiap slot kartu yang dikeluarkan produsen ponsel. Jika suatu ponsel punya slot SIM Card ganda, maka akan ada dua nomor IMEI yang dimiliki perangkat tersebut.

Pemerintah telah menjalankan aturan IMEI untuk suntik mati perangkat ilegal yang termasuk jenis Handphone, Komputer genggam, dan Tablet (HKT).

Semua nomor IMEI didaftarkan ke Kementerian Perindustrian (Kemenperin) saat sebuah ponsel hendak dijual di Indonesia. Bila nomor IMEI tersebut tidak ada di daftar di situs Kemenperin, maka kemungkinan perangkat tersebut ilegal.

Untuk memblokir ponsel ilegal tersebut, pemerintah menggunakan skema whitelist yang dinilai preventif karena langsung menyuntik mati ponsel BM cs.

Jadi, ponsel yang IMEI-nya tak terdaftar dalam data base Kemenperin akan dinonaktifkan dari layanan seluler sejak awal. Hanya perangkat legal alias bukan BM yang dapat sinyal untuk menerima layanan telekomunikasi.



Simak Video "Kebijakan IMEI Molor, APSI Prediksi Akhir Agustus 2020"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/fay)