Bakti Kominfo Sabet Penghargaan Internasional

Bakti Kominfo Sabet Penghargaan Internasional

Agus Tri Haryanto - detikInet
Jumat, 06 Nov 2020 17:40 WIB
Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (Bakti) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) terus membangun BTS USO di daerah 3T, agar masyarakat di sana dapat menikmati layanan internet seperti halnya di kota-kota besar.
Foto: detikINET/Agus Tri Haryanto
Jakarta -

Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informatika (Bakti) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menyambet penghargaan internasional.

Space & Satellite Profesionals International (SSPI) mengumumkan penerima penghargaan tahunan Better Satellite World Awards edisi yang ke-6, salah satu penghargaan tersebut diberikan kepada Bakti Kominfo.

Ada tiga penghargaan Better Satellite World Award 2020 yang diberikan oleh SPPI. Pertama, Avanti Communications lewat Bidi Bidi Project yang menggunakan teknologi satelitnya untuk menyediakan akses di seluruh Afrika Sub-Sahara, Eropa, dan Timur Tengah untuk meningkatkan kesejahteraan para pengungsi, komunitas, dan organisasi kemanusiaan.

Kedua, SATMED sebuah platform berbasis satelit e-Health milik Pemerintah Luksemburg berkat menggabungkan perawatan medis, pendidikan, dan manajemen kesehatan dalam satu platform yang bisa diakses dari mana saja.

Ketiga, SatSure AG yang merupakan startup aplikasi luar angkasa DeepTech yang menyediakan kecerdasan spasial untuk klien perbankan dan asuransi di seluruh dunia.

"Ini adalah tiga transformasi penggunaan satelit di berbagai penjuru dunia yang membuat dunia menjadi lebih baik," ujar Director of Development and Innovation SSPI, Louis Zacharilla dalam pernyataannya.

Pada kesempatan ini juga, SPPI memutuskan untuk memberikan Honorable Mention yang diperuntukkan Bakti Kominfo. SPPI menilai Bakti menyediakan layanan internet untuk sekolah, membangun infrastruktur telekomunikasi bagi pemerintah daerah di pelosok, turut mendukung telemedicine dan e-health, begitu juga menyokong keperluan layanan yang disediakan BNPB.

Terkait penghargaan ini, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate mengatakan bahwa Bakti bersama mitra menyediakan layanan internet di sekolah, kantor desa, dan fasilitas layanan kesehatan di daerah terpencil yang akan mendukung pemanfaatan aplikasi digital.

"Peran Bakti menyediakan infrastruktur digital meningkatkan rasio internet link di wilayah 3T mendapat perhatian lembaga dunia dan BLU Bakti Kominfo akan terus berkarya 'Menjangkau yang tidak Terjangkau' sinyal 4G," ujarnya kepada detikINET, Jumat (6/11/2020).

Selain Bakti, penganugerahan Honorable Mention dialamatkan kepada Omanos Analytics, sebuah perusahaan rintisan teknologi luar angkasa yang memberikan kombinasi inovatif dari data pengamatan Bumi dengan sumber informasi berbasis komunitas, termasuk perwakilan masyarakat, media lokal, kelompok hukum, dan LSM, untuk mendukung infrastruktur rendah dan / atau kebutuhan daerah yang kompleks secara politis untuk akuntabilitas atas kerusakan sosial dan lingkungan.



Simak Video "Tangkal Hoax, Kominfo Siapkan Permen Pemblokiran Medsos"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/fay)