Pendiri Perusahaan McAfee Ditangkap di Spanyol, Bakal Diekstradisi ke AS

Pendiri Perusahaan McAfee Ditangkap di Spanyol, Bakal Diekstradisi ke AS

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Selasa, 06 Okt 2020 21:19 WIB
John McAfee
John McAfee. Foto: Gizmodo
Jakarta -

John McAfee, pendiri perusahaan pembuat software keamanan McAfee, ditangkap di Spanyol dan tengah menunggu ekstradisi ke Amerika Serikat.

McAfee, yang beberapa tahun belakangan rajin mempromosikan mata uang kripto, didakwa oleh Kementerian Hukum AS atas tuduhan mengemplang pajak, demikian dikutip detikINET dari The Verge, Selasa (6/10/2020).

Selama beberapa tahun belakangan pun ia terlibat kontroversi atas sejumlah pelanggaran hukum. Dalam sebuah video ia mengklaim kalau ia terpaksa mengasingkan diri setelah dituding menggunakan mata uang kripto untuk melakukan kejahatan melawan pemerintah AS pada Januari 2019.

Ia pun disebut belum membayar pajak selama delapan tahun, dan pernah mengaku akan diculik oleh CIA, badan intelijen AS, pada Juli 2019 lalu. Saat itu McAfee sempat ditangkap di Republik Dominika, meski akhirnya dibebaskan kembali.

Dalam dokumen pengadilan, McAfee disebut menghindari kewajiban membayar pajak dengan berbagai cara. Termasuk menggunakan nama orang lain, mengalihkan pembayaran melalui rekening bank, rekening mata uang kripto, real estate, yacht, dan bermacam jenis kendaraan yang tak diatasnamakan McAfee.

Jika terbukti bersalah, McAfee menghadapi ancaman penjara lima tahun.

Dalam pelanggaran lain, Securities and Exchange Commission juga menggugat McAfee karena tak mengungkap kalau ia dibayar saat mempromosikan initial coin offering (ICO) di Twitter dari Desember 2018 sampai Januari 2018. Padahal ia dibayar sekitar USD 23 juta dalam bentuk bitcoin dan ether untuk mempromosikan ICO tersebut.

Sosok John McAfee sendiri dikenal sebagai orang yang penuh kontroversi. Ia memiliki salah satu tempat tinggal favorit di Pulau Ambergis Caye, di negara Belize. Di sini, ia hidup terisolasi bersama para bodyguard dan beberapa wanita.

Dia memilih pensiun dari McAfee pada tahun 1994. Pada puncak kejayaannya, kekayaan McAfee diestimasi sekitar USD 100 juta.

Untuk latar belakangnya, McAfee ialah pria berkebangsaan Amerika Serikat yang lahir di Inggris, 18 September 1945. Ia merupakan sarjana matematika di Roanoke College di tahun 1967 dan menerima gelar doktor kehormatan dari kampus yang sama pada 2008. Karier awalnya adalah pemrogram perangkat lunak di NASA Institute for Space Studies, New York.



Simak Video "Ampuhkah Kalung 'Antivirus' Eucalyptus untuk Tangkal COVID-19?"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/fay)