Cara Cek IMEI iPhone, Ori atau BM?

Cara Cek IMEI iPhone, Ori atau BM?

Nurcholis Maarif - detikInet
Selasa, 29 Sep 2020 21:45 WIB
Cropped shot of an unrecognizable man using a credit card and a smartphone to shop online at home
Foto: iStock
Jakarta -

Pemerintah mulai memberlakukan aturan IMEI. Terhitung sejak 18 September lalu, ponsel black market (BM) atau ilegal tidak akan mendapat sinyal. Lalu bagaimana mengecek ponsel sudah terdaftar IMEI?

Teletama Artha Mandiri (TAM), anak usaha Erajaya Group dan distributor resmi iPhone di Indonesia, membagikan cara mengecek IMEI iPhone melalui akun Instagramnya. Bagaimana caranya?

Pertama, pindai QR Code yang ada di belakang kemasan iPhone untuk memastikan iPhone sudah resmi dan terdaftar di Kementerian Perindustrian (Kemenperin).

Lalu masukkan nomor IMEI perangkat yang bisa dilihat melalui menu 'Setting' lalu 'General' lalu 'About' ke https://imei.kemenperin.go.id. Selanjutnya pastikan IMEI dalam perangkat dan kemasan sama serta keduanya terdaftar di Kemenperin.

[Gambas:Instagram]

Sebab jika sudah resmi, berarti iPhone tersebut bisa digunakan di dalam negeri. Seperti diketahui, aturan IMEI merupakan cara pemerintah memberantas perangkat, baik ponsel maupun produk elektronik kategori HKT, BM atau ilegal dalam negeri.

Dengan berjalannya aturan ini, masyarakat diimbau untuk mengecek nomor IMEI terlebih dulu sebelum memberi produk seperti iPhone. Selain itu, pedagang juga punya tanggung jawab dalam menjual produk yang asli kepada masyarakat.



Simak Video "Menghitung Hari Menuju Suntik Mati Ponsel Black Market"
[Gambas:Video 20detik]
(prf/fay)