Apple Serang Perusahaan Kecil yang Pakai Logo Buah Pir

Apple Serang Perusahaan Kecil yang Pakai Logo Buah Pir

Virgina Maulita Putri - detikInet
Senin, 10 Agu 2020 13:17 WIB
Apple vs Prepear
Apple Serang Perusahaan Kecil yang Pakai Logo Buah Pir Foto: The Verge
Jakarta -

Apple mengambil tindakan hukum terhadap perusahaan kecil yang menggunakan logo buah pir. Logo tersebut milik Prepear, perusahaan yang menawarkan layanan yang memudahkan orang mencari ide 'meal plan' dan resep baru.

Raksasa teknologi tersebut berargumen bahwa logo buah pir tersebut akan mengurangi ciri khas logo Apple dan akan mempersulit konsumen untuk membedakan antara layanan Apple dan Prepear. Dengan tindakan hukum ini, Apple berharap pendaftaran merek dagang Prepear ditolak.

Permasalahan Apple dan Prepear dimulai ketika perusahaan induk Super Healthy Kids mendaftarkan merek dagang untuk logo Prepear. Logo ini berbentuk buah pir berwarna hijau dengan daun di sisi kanan atasnya.

"Merek dagang pemohon terdiri dari desain buah minimalis dengan daun di sisi kanan, yang mengingatkan akan logo Apple yang terkenal dan menciptakan kesan komersial yang serupa," tulis Apple dalam dokumen pengadilan, seperti dikutip detikINET dari The Verge, Senin (10/8/2020).

Dokumen pengadilan Apple menuliskan bahwa karena Apple menawarkan produk dan layanan yang identik atau terkait, layanan meal plan termasuk salah satu zona yang bisa dirambah oleh Apple.

Dengan kata lain, pelanggan mungkin akan melihat logo Prepear dan mengira aplikasi resep ini merupakan produk Apple karena ini merupakan sesuatu yang mungkin Apple buat. Apple juga menegaskan bahwa mereka telah memiliki aplikasi dan layanan yang terkait dengan kesehatan dan nutrisi.

Co-founder Prepear Russell Monson tidak tinggal diam menghadapi serangan dari Apple. Ia membuat petisi berjudul 'Selamatkan Pir dari Apple' yang mendorong perusahaan yang dipimpin Tim Cook itu untuk menarik oposisinya terhadap logo Prepear.

Petisi tersebut sudah mendapatkan 14 ribu tanda tangan. Monson juga mengatakan bahwa perusahaannya adalah bisnis kecil dengan lima pegawai yang tidak akan bisa membiayai urusan hukum dengan perusahaan sebesar Apple.

Ini bukan pertaman kalinya Apple mengambil tindakan hukum atas perusahaan dengan logo yang mirip. Pada tahun 2019, Apple mengirimkan surat keberatan kepada kantor paten di Norwegia karena partai politik Fremskrittspartiet dituding memiliki logo yang mirip dengan Apple.



Simak Video "Tampilan Baru Apple Watch 6 dan SE Bergaya Solo Loop"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)