TikTok dan Puluhan Aplikasi China Dilarang India

TikTok dan Puluhan Aplikasi China Dilarang India

Fino Yurio Kristo - detikInet
Selasa, 30 Jun 2020 07:37 WIB
TikTok berani jamin platform miliknya bebas dari konten porno dan tak senonoh
TikTok. Foto: aisyah/detikinet
New Delhi -

Tiktok diterpa kabar buruk di India. Setelah sebelumnya sempat dibantah, pemerintah India dipastikan melarang puluhan aplikasi tenar asal China. Hal ini dilakukan di tengah tensi tinggi menyusul tewasnya 20 tentara India dalam bentrokan dengan tentara China di perbatasan Himalaya.

Total 59 aplikasi dicekal, kebanyakan asal China, dan termasuk aplikasi populer TikTok buatan Bytedance dan WeChat dari Tencent. Kementerian teknologi India menyebut aplikasi itu dianggap tidak aman karena membahayakan data pengguna.

"Pengumpulan data mengganggu keamanan dan pertahanan nasional India, sebuah kekhawatiran sangat mendalam yang membutuhkan tindakan darurat," sebut Kementerian Teknologi Informasi India.

Terkait pelarangan ini, Google dan Apple diperintahkan untuk menghapus seluruh aplikasi yang dilarang dari toko aplikasi masing-masing. Pelarangan TikTok Cs ini tentu cukup berdampak karena India merupakan pasar besar.

TikTok misalnya, sangat populer di India dan sudah diinstal 611 juta kali. Bytedance bahkan sudah berencana menginvestasikan dana USD 1 miliar untuk memperluas pasarnya di India. Aplikasi messaging WeChat juga lumayan banyak digunakan dengan 100 juta kali download.

Ketika dikonfirmasi, Google mengaku masih menunggu permintaan dari pemerintah untuk memblokir. Sedangkan Apple belum memberikan pernyataan.

"Ini adalah tindakan tercepat dan paling powerful yang bisa diambil pemerintah untuk memberikan tekanan ekonomi pada perusahaan China," kata Santosh Pai, pengamat hukum dari Link Legal mengenai dicekalnya TikTok Cs, yang dikutip detikINET dari Reuters.

bensu


Simak Video "Serikat Pedagang India Minta Warga Boikot Barang China!"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/afr)