Ini Akun Chatbot WhatsApp Pemerintah Soal Virus Corona

Ini Akun Chatbot WhatsApp Pemerintah Soal Virus Corona

Agus Tri Haryanto - detikInet
Kamis, 19 Mar 2020 17:04 WIB
WhatsApp
Ini Akun Chatbot WhatsApp Pemerintah Soal Virus Corona (Foto: WhatsApp)
Jakarta -

Menkominfo Johnny G. Plate resmi mengumumkan akun chatbot di WhatsApp terkait merebaknya virus corona COVID-19. Adapun akun itu bernama covid.go.id.

Johnny mengatakan pemerintah melalui Kementerian Kominfo menjalin kerja sama dengan WhatsApp dan Telkom Group sedang membangun ChatBot WhatsApp yang bisa diakses publik.

"Publik dapat berinteraksi dengan akun chat resmi pemerintah tersebut untuk memperoleh informasi secara interaktif melalui chatbot yang kontennya disediakan oleh BNPB dan Kementerian Kesehatan," ujar Johnny di Jakarta, Kamis (19/3/2020).

Lebih lanjut, Johnny menjelaskan akun chat pemerintah di WhatsApp tersebut saat ini sedang dikembangkan. Diharapkan akun tersebut sudah mulai bisa diakses publik, mulai Jumat (20/3/2020).

Dengan adanya akun chatbot pemerintah di WhatsApp, melengkapi kanal informasi yang sudah ada sebelumnya, seperti SMS blast dengan pengirim BNBP melalui Operator Seluler, Call center 119, dan Public Service Announcement (PSA) oleh Lembaga Penyiaran Publik dan Penyiaran Swasta baik Radio maupun Televisi, serta informasi yang disampaikan oleh Penyedia Layanan Akses Internet (ISP), dan Penyedia Jasa Media online.

Pada kesempatan ini juga, Johnny menegaskan akun chatbot terkait informasi resmi pemerintah soal COVID-19 ini tidak ada di layanan pesan instan lainnya, misalnya Telegram.

"Apabila nanti Telegram ikut ambil bagiannya, tentu dengan senang hati kita bekerja sama," pungkasnya.



Simak Video "38 Daerah Berubah Status Jadi Zona Hijau, Mana Saja?"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/fay)