Kamis, 06 Feb 2020 07:50 WIB

DPR Desak Kominfo Rampungkan Misi Merdeka Sinyal

Agus Tri Haryanto - detikInet
Menkominfo Johnny G Plate mengkoreksi program Merdeka Sinyal 2020. Ia menghapus angka 2020 dari program yang telah dicanangkan di era Menkominfo Rudiantara. Desak Kominfo Rampungkan Misi Merdeka Sinyal. Foto: Lamhot Aritonang/detikcom Komisi I
Jakarta -

Komisi I DPR RI mendesak agar Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) melanjutkan program Merdeka Sinyal yang saat ini belum rampung.

Desakan tersebut dilakukan lantaran program Merdeka Sinyal sampai saat ini belum merata dirasakan oleh masyarakat di seluruh Indonesia.

"Komisi I DPR RI mendesak Kementerian Komunikasi dan Informatika untuk melanjutkan program 'Indonesia Merdeka Sinyal' sebagai upaya pembangunan infrastruktur telekomunikasi yang menjangkau seluruh wilayah Indonesia," ujar Wakil Ketua Komisi I dari Fraksi Partai Gerindra Bambang Kristiono yang memimpin sidang, Rabu (5/2).

Program penyebaran akses internet melalui Satelit Republik Indonesia (Satria) juga jadi poin desakan berikutnya dari Komisi I DPR RI ke Menkominfo. Saat ini, badan usaha yang mengoperasikan satelit Satria, PT Satelit Nusantara Tiga, masih mencari pendanaan.

Berikut kesimpulan rapat kerja Menkominfo Johnny G Plate dengan Komisi I DPR RI.

1. Komisi I DPR RI mendesak Kementerian Komunikasi dan Informatika untuk melanjutkan Program "Indonesia Merdeka Sinyal" sebagai upaya pembangunan infrastruktur telekomunikasi yang menjangkau seluruh wilayah Indonesia, dengan didukung anggaran yang memadai dan sesuai target waktu yang direncanakan.

2. Komisi I DPR RI mendorong Kementerian Komunikasi dan Informatika agar program pengadaan satelit Multi Fungsi (Satelit Republik Indonesia) dapat terealisasi dengan baik sebagaimana target yang telah ditetapkan termasuk kesiapan dukungan anggaran sesuai dengan peraturan perundangan yang berlaku serta transparan dan akuntabel.

3. Sejalan dengan pembangunan infrastruktur teknologi informasi dan komunikasi, Komisi I DPR RI mendesak Kementerian Komunikasi dan Informatika untuk menyampaikan laporan secara tertulis kepada Komisi I DPR RI terkait dengan program pelatihan Digital Talent Scholarship beserta alokasi anggarannya dalam rangka menciptakan Sumber Daya Manusia Digital Indonesia.

4. Komisi I DPR RI akan mengagendakan rapat dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika dan operator seluler untuk membahas sinergitas program pembangunan infrastruktur telekomunikasi.



Simak Video "Menkominfo: Program 'Indonesia Merdeka Sinyal 2020' Tak Relevan Lagi"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/rns)