Selasa, 14 Jan 2020 16:11 WIB

Menristek Harap Lulusan Apple Academy Bisa Bikin Unicorn

Virgina Maulita Putri - detikInet
Menristek Harap Lulusan Apple Academy Bisa Bikin Unicorn (Virgina Maulita Putri/detikcom) Menristek Harap Lulusan Apple Academy Bisa Bikin Unicorn (Virgina Maulita Putri/detikcom)
Jakarta - Apple Developer Academy meluluskan 194 developer. Harapannya mereka bisa mengembangkan startup yang berkembang besar.

Apple Developer Academy meluluskan 194 developer binaannya pada hari ini, Selasa (14/1/2020). Kelulusan ini tidak hanya disambut gembira oleh para siswa tapi juga oleh Menteri Riset dan Teknologi, Bambang Brodjonegoro.

Bambang pun hadir langsung untuk memberikan ucapan selamat bagi para lulusan. Menurutnya pencapaian yang diraih siswa Apple Developer Academy ini merupakan sesuatu yang unik.



"Siswa Apple Academy di Indonesia harus bisa menunjukkan hal dan kebutuhan mendasar tentang orang Indonesia. Kita baru saja melihat lima presentasi yang merefleksikan kebutuhan orang Indonesia," kata Bambang saat memberikan pidato di acara kelulusan Apple Developer Academy di BSD City, Tangerang.
Mengingat pentingnya pengembangan sumber daya manusia untuk mengisi kebutuhan revolusi industri 4.0, Bambang pun menaruh dua harapan besar untuk para lulusan.

Pertama, ia ingin para lulusan untuk mengembangkan ekonomi digital Indonesia melalui riset dan pengembangan. Kontribusi ini bisa dilakukan lulusan dengan bergabung di startup atau perusahaan digital yang telah ada.

Menristek Harap Lulusan Apple Academy Bisa Bikin UnicornAplikasi Qiroah karya developer Apple Academy (Virgina Maulita Putri/detikcom)


Kedua, ia ingin agar para developer dan aplikasi yang telah mereka kembangkan bisa menjadi startup atau sebuah entrepreneurship yang mandiri. Adanya entrepreneur berbakat seperti ini, menurut Bambang bisa mendorong Indonesia menjadi negara maju pada 2045.

"Kita bisa berharap di masa depan para lulusan bisa mengembangkan diri mereka untuk menjadi startup yang lebih besar dan menjadi perushaan besar yang dirintis sendiri," ucap Bambang.

"Kami berharap di 5-10 tahun lagi kita bisa lihat unicorn baru lahir dari lulusan Apple Academy ini. Itu harus jadi mimpi terbesar kalian," pungkasnya.


Menristek Harap Lulusan Apple Academy Bisa Bikin Unicorn


Simak Video "Pertemukan Investor dan Pelaku Startup, Menristek Formulasikan RnD yang Tepat"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)