Senin, 09 Des 2019 22:36 WIB

Apple dan Samsung Kena Gugat Gara-gara Radiasi

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Foto: Issei Kato/Reuters
Jakarta - Firma hukum FeganScott asal Amerika Serikat menggugat Apple dan Samsung dalam dua class action yang berbeda namun dengan gugatan yang sama, yaitu karena ponsel tertentu dari dua perusahaan itu memancarkan radiasi yang terlalu besar.

FeganScott meminta pengadilan US District Court di Northern District of California, San Francisco, Amerika Serikat memerintahkan kedua tergugat untuk membayar sejumlah uang untuk melakukan pemantauan medis terhadap para pengguna ponsel yang masuk ke dalam gugatan tersebut, termasuk sejumlah uang ganti rugi yang tak disebutkan jumlahnya.

Gugatan ini didaftarkan setelah FeganScott menyewa sebuah laboratorium yang sudah diakreditasi oleh FCC untuk mengkonfirmasi tingkat radiasi dari radio frequency (FR) yang dipancarkan oleh sejumlah ponsel buatan Apple dan Samsung telah melewati batas legal yang sudah ditetapkan oleh FCC.


"Ponsel Apple dan Samsung sudah mengubah cara hidup kita. Orang dewasa, remaja, dan anak-anak sejak bangun tidur sudah menggunakan ponsel untuk mengecek email, bermain game, dan mengerjakan tugas sekolahnya. Mereka membawa perangkat ini di kantongnya seharian dan bahkan tertidur dengan ponsel di kasurnya," tulis Fegan.

"Mereka (Samsung dan Apple) mengatakan pada konsumen kalau (ponselnya) aman, jadi kami merasa penting untuk melakukan pengujian paparan radiasi RF kalau klaim tersebut benar. Ternyata ini tidak benar. Tes independen mengkonfirmasi kalau tingkat radiasi RF jauh melewati batas paparan federal, terkadang melewatinya sampai 500% lebih tinggi saat ponselnya digunakan dengan cara yang disarankan oleh Apple dan Samsung. Konsumen layak untuk mengetahui kebenaran ini," tambahnya.
Selanjutnya
Halaman
1 2