Minggu, 01 Des 2019 21:45 WIB

Bos Huawei Setahun Ditahan, China Peringatkan Kanada

Fino Yurio Kristo - detikInet
Meng Wanzhou. Foto: Reuters Meng Wanzhou. Foto: Reuters
Vancouver - Genap setahun Chief Financial Officer Huawei, Meng Wanzhou, ditahan di Kanada yang memenuhi permintaan Amerika Serikat. Pemerintah China yang sejak lama meminta Meng dibebaskan minta Kanada memperbaiki kesalahannya.

Duta besar China untuk Kanada, Cong Peiwu, menyatakan pihaknya akan terus meminta Kanada memperbaiki kesalahannya dan melepaskan Meng secepatnya.

"Tanah Air besar kita dan hampir 1,4 miliar orang China adalah suporter Anda yang paling setia. Kami berharap Anda kembali ke China dengan selamat dalam waktu secepatnya," begitu pesan Cong pada Meng.


Dikutip detikINET dari Reuters, Meng saat ini sedang berjuang di pengadilan agar tidak diekstradisi ke AS. Ia berstatus tahanan rumah dan harus mengenakan alat pelacak.

China sudah lama bersuara keras terhadap penahanan Meng. Beberapa saat setelah Meng ditangkap tahun silam, dua warga Kanada di China ditangkap dengan tuduhan mata-mata.

Meng ditangkap oleh otoritas Kanada atas permintaan Amerika Serikat. Dia dituding menutupi transaksi perangkat Huawei dengan Iran, negara yang kena sanksi perdagangan AS. Sampai saat ini, Meng masih berstatus tahanan rumah sembari kasusnya diproses pengadilan.

Ditangkapnya Meng bisa dibilang adalah awal perang teknologi antara China dan AS mendapatkan perhatian luas. AS telah menangkap petinggi perusahaan yang dibanggakan China dan kemudian menerapkan sanksi bahwa Huawei tak bisa membeli teknologi AS tanpa izin khusus.



Simak Video "Huawei Fokus Ciptakan Earphone Tanpa Kabel"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/asj)