Jumat, 01 Nov 2019 06:36 WIB

Eselon III dan IV Dihapus, Menkominfo: Jangan Buru-buru

Agus Tri Haryanto - detikInet
Menkominfo Johnny G Plate. Foto: Agus Tri Haryanto/detikINET Menkominfo Johnny G Plate. Foto: Agus Tri Haryanto/detikINET
Jakarta - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate menilai perampingan birokrasi dengan menghapus eselon III dan IV di kementerian tidak usah dilakukan dengan terburu-buru.

"Ini perubahan yang sangat fundamental, jangan buru-buru, ini melibatkan berapa banyak ASN. Sekali pindah ASN-nya, ya bingung, birokrasinya nggak bisa jalan nanti," kata Johnny di Jakarta, Kamis (31/10/2019).

Sekedar informasi, eselon III dan IV di Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) berjumlah masing-masing sekitar 75 orang dan sekitar 150 orang.


"Apalagi di sini terkait dengan pelayanan terhadap hak jutaan masyarakat yang terlibat di industri, yang punya telepon, berapa juta orang Indonesia yang punya internet, yang punya sosial media banyak sekali, harus diatur dengan baik itu," jelasnya.

"Belum lagi berapa miliar dolar yang terlibat di dalam industri telekomunikasi dan informatika," sambung politisi dari Partai NasDem.

Menurut Menkominfo, perampingan birokasi jangan diterjemahkan seperti pemangkasan semata. Sebelumnya, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Tjahjo Kumolo mulai merampingkan birokrasi yang dijanjikannya akan selesai dalam setahun pertama menjabat

"Tjahjo sudah mengambil inisiatif sesuai amanat presiden untuk melakukan debirokratisasi. Kita akan melakukan debirokratisasi agar apa, agar span of control Penyelenggaraan pemerintahan tidak terlalu lebar," ujar dia,

"Nanti kita lihat bentuknya seperti apa. Apakah dengan memangkas eselon atau memisahkan yang namanya jabatan struktural dan jabatan fungsional itu harus di dalami dengan benar," pungkasnya.



Simak Video "Strategi Menkominfo Johnny di Era Digital"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/fyk)