Kamis, 31 Okt 2019 12:34 WIB

Wacana Tutup Facebook Mengemuka, Menkominfo Bersuara

Tim - detikInet
Halaman 1 dari 2
Foto: unsplash Foto: unsplash
Jakarta - Beberapa waktu silam, Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT), Viktor Bungtilu Laiskodat, melontarkan wacana menutup jejaring sosial Facebook. Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Johnny G Plate, pun memberikan tanggapannya.

Menurut dia,permintaan itu adalah semangat untuk mendorong perkembangan inovasi dan inovator digital dalam negeri. Ia berpendapat pada prinsipnya negara memang harus memiliki keberpihakan terhadap inovator dalam negeri.

"Pada prinsipnya bila ada inovator dalam negeri, pencipta kita prioritaskan. Itu semangat di balik pemblokiran," kata Johnny di Kantor Kominfo, baru-baru ini, seperti diberitakan oleh CNN Indonesia.


Johnny berharap semangat mendorong inovasi dalam negeri ini jangan dianggap membatasi industri asing masuk ke Indonesia. Ia mengatakan negara pasti memfasilitasi operasi perusahaan digital asing di Indonesia selama mengikuti aturan. Di sisi lain, Kominfo berharap industri ekonomi digital lokal juga bisa berkembang.

Ia berharap, Indonesia sebagai bangsa dan pasar ekonomi digital yang besar juga harus memiliki pengaruh besar. "Sebagai bangsa dan pasar yang besar Indonesia kita berharap bahwa, putra putri bisa berkembang dan mengambil bagian di ekonomi digital," kata Johnny.

Johnny yakin platform buatan anak bangsa bisa menunjukkan taji di industri ekonomi digital. Oleh karenanya, ia mengatakan Kominfo fokus untuk mendorong program 1000 startup.

(ke halaman selanjutnya) (agt/fyk)