Kamis, 24 Okt 2019 08:45 WIB

Ada 'Jack Ma' Saat Sertijab Menkominfo Rudiantara ke Johnny

Agus Tri Haryanto - detikInet
Foto: Agus Tri Haryanto/detikINET Foto: Agus Tri Haryanto/detikINET
Jakarta - Ada yang menarik ketika serah terima jabatan (sertijab) Menkominfo dari Rudiantara kepada Johnny G. Plate. Ada 'Jack Ma' saat proses itu dilakukan di gedung Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Jakarta, Rabu (23/10/2019).

Dalam konteks ini bukan Jack Ma yang sesungguhnya yang hadir, melainkan Discovery, Adventure, Momentum and Outlook (DAMO) yang tak lain adalah proyek riset internet of things (IoT) rancangan Alibaba.


"Kalau biasanya serah terima jabatan ini pakai tandatangan, di sini nggak usah lah. Kominfo itu harusnya jadi kementerian milenial bukan kolonial. Jadi, caranya juga berbeda," ujar Rudiantara sesaat melakukan sertijab.

"Ini ditulisnya buku memori jabatan Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia. Ini DAMO, jadi bagaimana Kominfo memainkan prosesnya dengan cara yang diajarkan. Jadi, sebetulnya DAMO itu konsep Jack Ma bagaimana dia mengembangkan perusahaan yang namanya Alibaba," tuturnya.

Ada 'Jack Ma' Saat Sertijab Menkominfo Rudiantara ke JohnnyFoto: Agus Tri Haryanto/detikINET

Melalui DAMO ini, kata Rudiantara, saat ia menjabat sebagai Menkominfo, mencoba menerapkan konsep Jack Ma yang sukses membangun Alibaba ke Kominfo.

"Saya jamin kalau baca buku ini sekitar 2-3 jam, setelah itu sudah serasa jadi menteri pak," kata Rudiantara kepada Johnny.

"Apalagi Pak Johnny ini menteri betulan," sambung Rudiantara yang disambut tawa para tamu yang datang di acara sertijab menkominfo.


Diketahui, seperti yangdisampaikanRudiantara, dibukuDAMO yang ia serahkan ke Johnny berisikanpencapaianKominfo belakangan ini, di mana diharapkan jadi bekal bagi politisiPartaiNasDem tersebut untuk memulai langkahnyasebagaiMenkominfo baru di era kabinet Indonesia Maju.


Simak Video "Sertijab Menkominfo: dari Kalangan Profesional ke Politisi"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/afr)