Rabu, 29 Mei 2019 11:20 WIB

Antisipasi Hoax di Medsos, Mesin Ais Tak Libur Lebaran

Agus Tri Haryanto - detikInet
Foto: detikINET/Agus Tri Haryanto Foto: detikINET/Agus Tri Haryanto
Jakarta - Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1440 H, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) tetap menggeber mesin Ais, sang penyensor konten negatif di internet.

Plt Kepala Biro Humas Kementerian Kominfo Ferdinandus Setu mengatakan di saat masyarakat disibukkan dengan aktivitas mudik, maka di saat yang bersamaan Tim Ais Kementerian Kominfo terus bekerja untuk memberikan informasi seputar hoax di media sosial (medsos).

Tim Ais ini didukung oleh 100 tim verifikator yang berkomitmen untuk senantiasa memantau dan memverifikasi informasi yang tersebar di berbagai platform jejaring sosial, seputar kondisi, dan situasi nasional selama aktivitas mudik berlangsung.




"Mereka (Tim Verifikator) terus bekerja 24 jam. Jadi, meskipun kita liburan, teman-teman di Tim AIS itu tidak libur, sudah diatur jadwal mereka masing-masing," ujar Ferdinandus dalam program TokTok Kominfo.

Pembagian jadwal para verifikator tersebut telah diatur oleh tim. Adapun mereka dibagi jadi tiga shift di masa lebaran, yaitu jam 06.00-14.00 WIB, jam 14.00-22.00 WIB, dan 22.00-06.00 WIB.

"Mereka yang nanti bekerja di hari Lebaran itu pada umumnya yang non-muslim. Teman-teman yang Kristiani, yang non-muslim itu datang bekerja seperti biasa," imbuhnya.




"Ini artinya apa? Kominfo tidak libur sama sekali (khusus untuk Tim Verifikator AIS, red.). Jadi, kami mengawasi isu medsos melalui mesin AIS," ucap Ferdinandus.

Selain itu, kata pria yang disapa Nando ini, selama mudik lebaran nanti, Kominfo juga telah mendorong operator telekomunikasi untuk melakukan berbagai upaya meningkatkan kualitas layanan internet kepada para pemudik.


(agt/krs)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed