Jumat, 08 Feb 2019 18:03 WIB

Donald Trump Mau Telekomunikasi AS Bersih dari China

Muhamad Imron Rosyadi - detikInet
Donald Trump berencana memblok seluruh teknologi China di telekomunikasi AS. Foto: Doug Mills/Pool via REUTERS Donald Trump berencana memblok seluruh teknologi China di telekomunikasi AS. Foto: Doug Mills/Pool via REUTERS
Jakarta - Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, dilaporkan bakal menandatangani semacam Peraturan Presiden untuk memblokir teknologi China masuk ke jaringan telekomunikasi Negeri Paman Sam. Disebutkan bahwa peraturan tersebut dapat diterbitkan pada minggu depan.

Sebuah sumber mengatakan bahwa pemerintah AS berecana untuk merilis regulasi tersebut sebelum Mobile World Congress (MWC) 2019 di Barcelona, Spanyol. Acara itu akan dimulai pada 25 Februari mendatang.


Aturan itu sendiri mengarah soal pentingnya keamanan siber di teknologi masa depan. Dengan inftrastruktur teknologi 5G sedang dikembangkan, pemerintah AS ingin mengarahkan pandangannya soal keamanan.

Sebagaimana diketahui, sejumlah perusahaan asal China seperti Huawei dan ZTE memang banyak bermain soal infrastruktur jaringan, terutama internet. Terlebih, mereka juga sudah banyak berperan di negara-negara yang sedang ingin membangun teknologi 5G di kawasannya.


Langkah ini tentu semakin memanaskan tensi antara Amerika Serikat dengan China, khususnya Huawei. Sejak penangkapan Meng Wanzhou, CFO perusahaan tersebut, hubungan keduanya memang makin tegang.

Keputusan AS ini bisa jadi akan diikuti oleh sejumlah negara lainnya. Pasalnya, Britania Raya, Kanada, Australia, Selandia Baru, sampai Jepang pun sudah memblokir Huawei untuk menjadi penyedia teknologi 5G di sana. (mon/krs)