Kamis, 06 Des 2018 18:23 WIB

Bos Huawei Ditangkap di Kanada

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Chief Financial Officer Huawei Meng Wanzhou ditangkap oleh pihak berwajib Kanada. Penangkapan tersebut didasari oleh permintaan pemerintah Amerika Serikat terkait pelanggaran yang dilakukan Huawei.

Wanzhou, yang juga adalah putri dari pendiri Huawei Ren Zhengfei, ditangkap di Vancouver pada Sabtu lalu dan terancam diekstradisi ke AS. Ia ditangkap atas permintaan AS atas dugaan pelanggaran embargo Iran yang dilakukan oleh Huawei.

Pihak pemerintah China sendiri menyebut pemerintah Kanada dan AS belum mengklarifikasi alasan penangkapan tersebut, dan menyebut pihaknya sudah memberikan bantuan hukum terhadap Wanzhou.

Penangkapan Wanzhou sendiri disebut membuat pemerintah China geram, dan membuat keraguan atas perjanjian damai selama 90 hari terkait perang dagang antara AS dan China, demikian dikutip detikINET dari Cnet, Kamis (6/12/2018).


Huawei sendiri saat ini adalah pabrikan ponsel terbesar kedua di dunia jika dilihat dari volume. Namun mereka tak bisa menembus pasar AS karena sikap anti Huawei yang digalakkan oleh pemerintahan Presiden Donald Trump.

Terkait sanksi embargo terhadap Iran, Huawei pada 2012 lalu diduga terkait dengan rencana penjualan peralatan komputer terlarang ke pemerintah Iran. Hal itu merupakan pelanggaran terhadap embargo yang diberlakukan terhadap Iran. (asj/asj)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed