Senin, 06 Agu 2018 17:26 WIB

Mau Driver Ojol Tak Jadi Demo Saat Asian Games? Ini Syaratnya!

Agus Tri Haryanto - detikInet
Ilustrasi demo. Foto: Deni Prastyo Utomo Ilustrasi demo. Foto: Deni Prastyo Utomo
Jakarta - Para driver ojok online (ojol) yang berencana untuk aksi demo di pembukaan Asian Games 2018, membuka kesempatan untuk mediasi kembali dengan pihak Grab.

Sebelumnya, mediasi antara kedua belah pihak yang difasilitasi oleh Direktorat Intelijen Keamanan (Intelkam) Polda Metro Jaya pada Jumat kemarin (3/8) berakhir dengan buntu.

"Diharapkan ada mediasi lagi," ujar Presiden Gerakan Aksi Roda Dua (Garda) Igun Wicaksono saat dihubungi detikINET, Senin (6/8/2018).



Selain ada mediasi lagi, disampaikan Igun, pihaknya juga berharap ada pihak yang turut melunakkan persoalan ini. Sehingga aksi demo pada pembukaan Asian Games urung terjadi dan permintaan dari driver ojol ini pun dikabulkan oleh Grab.

Para driver ojol berencana menggelar demonstrasi di hari pembukaan Asian Games 2018, karena mereka menuntut Grab sebagai salah satu perusahaan transportasi yang jadi sponsor Asian Games 2018 mengembalikan tarif minimal.

Para driver ini menuntut menaikkan tarif dasar, dari yang saat ini antara Rp 1.200-Rp 1.300 per kilometer menjadi Rp 2.000-Rp 3.000 per kilometer.

"Sedangkan segala macam kebutuhan pokok, terus naik, tapi ini tarif dasarnya malah diturunkan," keluhnya.



Demo ini akan berlangsung di Palembang dan Jakarta sebagai tempat digelarnya ajang pesta olahraga akbar se-Asia ini. Dikatakan estimasi massa yang akan berdemo bisa mencapai 2 juta orang karena persoalan tarif minimal ini sudah jadi isu driver ojol nasional.

Disampaikan bahwa demo yang digelar ini tidak terkait dengan putusan Mahkamah Konstitusi (MK) pada Kamis (28/7/2018) yang menjelaskan, berdasarkan UU 22/2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (UU LLAJ), sepeda motor tidak dikategorikan sebagai kendaraan bermotor umum.


Pernah Juga Demo Driver Ojol di DPR Diwarnai AKsi Sweeping, Simak Videonya:

[Gambas:Video 20detik]

(agt/rou)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed