Rabu, 13 Jun 2018 03:31 WIB

Perang dengan Qualcomm Rugikan Apple Miliaran Dolar

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Foto: Getty Images Foto: Getty Images
Jakarta - Setelah lebih dari setahun saling melempar tuduhan dan gugatan, perselisihan antara Apple dan Qualcomm kini akan makin serius.

Saat ini ada lebih dari 50 gugatan yang didaftarkan di enam negara. Namun sidang dengar pendapat di tiga pasar berikut adalah yang paling penting, yaitu Amerika Serikat, China, dan Jerman.

Hasil sidang di tiga negara tersebut. akan menjadi penentu apakah Apple akan berhasil menyelamatkan miliaran dolar uangnya yang tadinya akan dipakai untuk membayar lisensi teknologi ke Qualcomm.



Saat ini Apple masih menunggak biaya lisensi senilai USD 2,5 miliar sampai USD 4,5 miliar. Angka ini hampir setara dengan seperlima pemasukan tahunan Qualcomm, demikian dikutip detikINET dari Bloomberg, Rabu (13/6/2018).

Apple ogah membayar lisensi Qualcomm karena mereka menganggap perusahaan asal San Diego, AS tersebut mematok harga terlalu tinggi untuk sebuah paten yang mencakup teknologi dasar sebuah smartphone dalam berkomunikasi, dan di sisi lain memaksa untuk membeli chip buatannya.

Qualcomm pun membalas dengan menyebut Apple mencuri properti intelektual karena ogah membayar biaya penggunaan teknologi miliknya, padahal industri lain menghargai dan membayar biaya yang sama. (asj/rou)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed