Senin, 23 Apr 2018 18:00 WIB

Pengangkut Data 50 Juta Facebooker: Saya Bukan Mata-mata Rusia

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Ilustrasi Facebook. Foto: detikINET/Agus Tri Haryanto Ilustrasi Facebook. Foto: detikINET/Agus Tri Haryanto
FOKUS BERITA Data Facebook Bocor
Jakarta - Setelah hampir sebulan menjadi sasaran media terkait kasus penyalahgunaan data Facebook oleh Cambridge Analytica, akademisi Cambridge Analytica Alexandr Kogan akhirnya angkat bicara.

Seperti diketahui, Kogan, yang merupakan pembuat kuis di Facebook yang kemudian dipakai untuk mengumpulkan data pengguna, mendapat banyak tudingan miring sejak kasus Cambridge Analytica ramai diperbincangkan, salah satunya adalah agen intelijen Rusia.

"Saya bukan mata-mata Rusia. Saya pikir tuduhan kuat yang menyebut saya mata-mata Rusia sama sekali tak mempunyai dasar," ujar Kogan ketika diwawancara Buzzfeed, Senin (23/4/2018).



Kogan hampir tak pernah berbicara ke publik setelah kasus tersebut mencuat. Padahal dialah sosok yang dianggap paling bertanggung jawab terhadap kebocoran data pengguna Facebook, sehingga dia disebut sebagai pengangkut data 50 juta Facebooker.

Dalam wawancara dengan Buzzfeed, sejumlah hal yang dia ungkapkan, namun secara garis besar ia tentu membela dirinya sendiri. Ada satu hal yang diakui Kogan, yaitu ia memang melanggar kebijakan developer Facebook, dengan menambang data pengguna dan mengirimkannya ke pihak ketiga. Namun menurutnya, hal ini terlalu dibesar-besarkan, karena banyak orang lain yang melanggar hal yang sama.



Ia pun menolak tudingan kalau Cambridge Analytica bisa memprediksi kelakuan orang, dalam hal ini, dia merujuk pada Pemilihan Presiden AS yang lalu. Hal itu, menurut Kogan tak perlu dikhawatirkan.

"Orang-orang menganggap cerita ini penting karena mereka pikir ini bisa mengubah hasil Pilpres atau pikiran mereka bisa dikontrol, dan hal itu benar-benar tak perlu dikhawatirkan," ujar Kogan. (rns/rns)
FOKUS BERITA Data Facebook Bocor

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed