Rabu, 22 Nov 2017 22:18 WIB

Menkominfo Diminta Blokir Airbnb, Kenapa?

Adi Fida Rahman - detikInet
Foto: detikINET/Agus Tri Haryanto Foto: detikINET/Agus Tri Haryanto
Jakarta - Kehadiran Airbnb di Indonesia rupanya mengusik bisnis hotel di Tanah Air. Tidak heran jika ada pihak yang ingin situs sewa rumah dan apartemen itu diblokir aksesnya.

Hal tersebut diungkap Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara. Dia mengatakan dirinya sempat dihubungi pihak Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) dan diminta memblokir situs Airbnb.

"Saya ditelepon, 'Rud bisa nggak Airbnb diblok?'. Alasannya mempengaruhi bisnis hotel," kata pria yang kerap disapa Chief RA ini saat memberikan kata sambutan di acara peluncuran Go-Bills di markas utama Go-Jek di Jakarta, Rabu (22/11/2017).

Menkominfo Diminta Blokir Airbnb, Kenapa?Foto: Istimewa


Tentu saja permintaan itu tidak dikabulkan. Menurutnya perkembangan teknologi tidak bisa dibendung, sehingga implikasinya pun tidak dapat dihindari.

"Sebenarnya bukan teknologi digital yang mengubah itu semua. Tapi pola pikir kita mencari cara baru, mencari proses baru yang lebih baik dan efisien," ujar Menkominfo.

Kendati begitu, Rudiantara tidak serta merta cuek terhadap situasi yang dihadapi para pebisnis hotel. Dia mengaku telah membahas dengan Menteri Pariwisata Arief Yahya soal masalah tersebut.

"Pak Arief mengatakan minta waktu, ia tengah menggodok kebijakan apa yang harus dikeluarkan," ungkap Chief RA. (rns/rou)
-

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed