Senin, 13 Okt 2008 14:45 WIB

Data Siswa Diumbar

Banyak yang Meneriaki, Diknas Siap Evaluasi

- detikInet
Jakarta - Jutaan data siswa tanah air diumbar secara bebas di situs Diknas. Namun sebagai 'pelaku', pihak Diknas tak akan langsung menutup akses data tersebut karena mau evaluasi dahulu.

Kepala Pusat Infomasi dan Humas Diknas Muhajir mengatakan, keputusan untuk menyediakan jutaan data privasi tersebut dilatarbelakangi dari adanya Undang-undang Nomor 14 tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP).

"Padahal tak hanya data siswa, data pejabat pun ada yang diedarkan. Tapi melihat perkembangannya seperti itu (penyalahgunaan informasi-red.) ngeri juga, tapi di sisi lain kita masih memegang acuan UU no 14 KIP itu," ujarnya kepada detikINET, Senin (13/10/2008).

Sebelumnya, sudah banyak orangtua dan blogger yang menyuarakan kekhawatirannya tentang diumbarnya data pribadi jutaan siswa ini. Bahkan, ditakutkan akan muncul peluang terjadinya kasus penculikan siswa sekolah hingga kejahatan seksual pada anak-anak.

Menanggapi hal itu, Muhajir mengatakan, kekhawatiran dari para blogger ini adalah masukan yang bagus dan bakal segera dikoordinasikan dengan unit terkait.

"Tapi ini kan masih sebatas kekhawatiran, sudah terbukti belum? Kalau sudah terbukti silahkan diinformasikan, kami di diknas siap menampung keluhan," tandasnya.

(ash/dwn)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed