Password di Gadget & Bencana Saat Hilang

Klinik Internet Security

Password di Gadget & Bencana Saat Hilang

- detikInet
Selasa, 09 Apr 2013 13:53 WIB
Ilustrasi (Ist)
Jakarta - Bisakah ponsel/laptop hilang yang sudah diberikan password digunakan kembali jika ada orang yang menemukan gadget tersebut? Jika bisa bagaimana caranya?

(Dony Akbar, Pria, 23th)

Jawaban [Vaksincom]:

Dear Dony,

Pada dasarnya ponsel/laptop yang hilang hardwarenya bisa digunakan oleh siapapun yang memiliki akses fisik langsung pada perangkat tersebut. Cara paling umum adalah melakukan factory reset/hard reset. Namun hal ini akan berakibat data smartphone seperti kontak, apps dan semua data yang tersimpan di internal memori akan terhapus, kecuali data pada external memory / SD Card.

Tulisan ini tidak bermaksud untuk menambah populasi pengutil smartphone tetapi bertujuan untuk membantu jika Anda memiliki smartphone Android yang terkena lock baik karena lupa unlock pattern-nya atau karena dimainkan oleh mbah/pacar Anda sehingga terkunci.

Jika mengalami Android Anda terkunci dan tidak ingin melakukan Factory Reset, Anda bisa membuka kunci tersebut dengan login menggunakan akun dan password Gmail yang Anda gunakan untuk mendaftarkan smartphone tersebut dengan mengklik tombol [Forgot Pattern?] setelah 5 kali usaha memasukkan pattern yang gagal.

Setelah membaca hal ini, Vaksincom mengharapkan Anda semua menyimpan baik-baik kredensial akun GMail dan disarankan jangan simpan di Android saja tetapi juga di komputer atau di BlackBerry dan diamankan dengan baik.

Jika hal tersebut masih gagal juga, Anda bisa mencoba trik terakhir dengan mematikan smartphone Anda, login ke akun Gmail dan lakukan perubahan password menggunakan Google Password Recovery. Setelah password berhasil di-recover, hidupkan smartphone dan coba gunakan password baru untuk unlock telepon anda.

Jika Anda memang tidak memiliki akses pada akun Gmail Anda, langkah terakhir yang dapat dilakukan adalah melakukan factory reset. Pada umumnya factory reset dilakukan dengan menekan tombol [Volume] (pada HTC Volume Down, Pada Samsung terkadang volume Down / Up) dan tahan, lalu tekan tombol [Power] untuk mendapatkan menu factory reset.

Sebagai contoh, factory reset untuk HTC Desire S adalah sebagai berikut :

1. Matikan smartphone, jika hang, cabut baterai dan masukkan lagi.

2. Tekan tombol [Volume Down] dan TAHAN.

3. Tekan tombol [Power] dan TAHAN sampai smartphone menyala.

4. Anda akan mendapatkan menu yang memungkinkan kamu untuk melakukan Fastbook, Recovery, Clear Storage dan Simlock. (tombol [Volume Down] dan [Power] yang ditekan pada poin 2 dan 3 di atas sudah boleh dilepas dong sekarang soalnya nanti tombol [Volume Down]nya mau di tekan)

5. Pilih “Clear Storage” dengan menekan tombol [Volume Down].

6. Tekan dan tahan tombol [Power].

7. Konfirmasi tindakan Anda [Volume Up] untuk YA atau [Volume Down] untuk TIDAK. Sekali anda YA artinya semua data kontak dan apps akan dihapus dari smartphone Anda.

8. Jika sudah selesai maka smartphone Anda akan kembali seperti baru dikirimkan dari pabrik (OS-nya, bukan fisiknya).


Salam,
Vaksincom


(jsn/ash)