KONSULTASI GADGET
Lucky Sebastian
Lucky Sebastian
Lucky Sebastian dikenal sebagai pengamat gadget dan pendiri komunitas penggemar gadget terbesar di Indonesia, Gadtorade. Tweetnya bisa diikuti di @gadtorade.
Kamis, 26 Mar 2020 10:50 WIB

KlinikINET

Baru Satu Bulan Pakai, Chargeran Sudah Jamuran

- detikInet
charger terbakar Ilustrasi charger ponsel yang rusak (Foto: Istimewa)
Jakarta -

Saya baru beli charger Samsung di konter resminya, baru satu bulan pemakaian tapi tidak masuk malah bergetar terus. Lalu saya datangi ke CS-nya dan dibilang chargeran saya banyak jamur.

Kok bisa yaa selama saya pake hape gak pernah jamuran bahkan sampai kabelnya hitam dekil masih normal dipakai. Pemakaian dan naro chargeran pun juga biasa saja. Kenapa yaa?

Jawaban:

Sekarang ini umumnya charger terdiri dari 2 bagian, kepala charger dan kabel charger yang biasanya juga bisa digunakan sebagai kabel data. Masing-masing koneksi dari kepala charger ke kabel data hingga ke smartphone kita, terhubung lewat kontak pin, yang biasanya kalau kita lihat di port USB, bagian garis-garis berwarna metal atau kuning.

Mungkin yang dimaksud CS yang menjelaskan jamur, adalah korosif atau karat pada bagian metal ini. Bisa jadi terkena air asin, karena pin metal ini ketika terkena air asin, korosifnya akan terlihat seperti jamuran, berwarna hijau atau biru, bisa jadi terkena keringat atau dibawa main ke pantai.

Karat walaupun jarang terjadi, juga bisa saja terjadi kalau lembab, misalnya disimpan di laci yang lembab atau ketika ditaruh di tas yang kehujanan dan lain-lain. Ketika konektor mengandung karat, memang bisa menyebabkan aliran listrik tidak optimal.

Karat pada bagian pin metal ini bisa dibersihkan dengan alkohol dan cotton buds atau tissue. Sedikit tips, pastikan juga membeli charger yang asli, tidak semua toko berlogo atau berpapan nama ada Samsungnya, berarti menjual charger yang asli. Kalau mau yakin asli, beli ke service center resmi Samsung, walau biasanya tanpa dus, hanya dalam kantung plastik, produk yang mereka jual harus asli.

Demikian juga ini bisa berlaku untuk brand lain.



Simak Video "Vivo V19, Jagoan Foto Malam yang Punya Punch Hole Terkecil"
[Gambas:Video 20detik]
(jsn/fay)
Klik di sini untuk mengirimkan pertanyaan yang ingin dikonsultasikan dengan kami. Konsultasi seputar gadget, fotografi, internet security dan cyberlife.