KONSULTASI GADGET
Lucky Sebastian
Lucky Sebastian
Lucky Sebastian adalah seorang Arsitek yang sangat hobby dengan gadget sejak tahun 1998.
Selasa, 07 Mei 2019 17:32 WIB

KlinikINET

Ponsel Crash, Mending Langsung Factory Reset atau...?

Konsultan: Lucky Sebastian - detikInet
Foto: Tomohiro Ohsumi/Getty Images Foto: Tomohiro Ohsumi/Getty Images
Jakarta - Untuk ponsel yang crash, pilihan mana yang lebih baik saya lakukan untuk menormalkan kembali ponsel. Apakah harus factory reset, instal ulang, atau upgrade versi OS. (SenoARi)

Jawaban:

Kalau penyebab crash-nya diketahui, misal dari aplikasi yang tidak cocok, cukup dengan menghapus aplikasi tersebut, bersihkan cache, dan restart.

Beberapa brand smartphone sudah memiliki sistem yang mengamati selain aplikasi yang mengkonsumsi daya besar terus-menerus di background, juga aplikasi yang berulang terus crash.

Jika aplikasi yang crash ini memang dibutuhkan dan tidak ada penggantinya, coba lihat apakah ada updatenya, atau malah turun ke versi yang sebelumnya yang tidak crash (via apk). Bisa juga karena OS firmware kita update, aplikasi yang tadinya cocok menjadi tidak cocok lagi.




Upgrade versi OS jika memang diberikan resmi oleh brand dan sesuai untuk tipe smartphone yang kita gunakan, sebaiknya memang di update, biasanya salah satu yang terpenting adalah naiknya tingkat keamanan, atau security update.

Kalau sudah mencoba menghapus aplikasi, membersihkan cache, tetapi masih terjadi problem crash, baru kita menggunakan langkah terakhir, factory reset.

Nah saat mengembalikan data setelah factory reset, jika kita tidak tahu aplikasi apa yang menyebabkan crash, sebaiknya tidak semua aplikasi di-restore, tetapi dilakukan install manual untuk mengetahui aplikasi apa yang berpotensi mengganggu.


(jsn/krs)
Klik di sini untuk mengirimkan pertanyaan yang ingin dikonsultasikan dengan kami. Konsultasi seputar gadget, fotografi, internet security dan cyberlife.