BERITA TERBARU
KONSULTASI GADGET
Lucky Sebastian
Lucky Sebastian
Lucky Sebastian adalah seorang Arsitek yang sangat hobby dengan gadget sejak tahun 1998.
Senin, 12 Feb 2018 14:16 WIB

KlinikINET

Tips Mudah Pindahkan Nomor Kontak dari Ponsel Lama

Lucky Sebastian - detikInet
Foto: GettyImages Foto: GettyImages
Jakarta - Bagaimana cara cepat memindahkan kontak nomor telepon dari ponsel lama ke baru? Karena akan sangat memakan waktu untuk dipindahkan satu satu.

Jawaban:

Sayangnya tidak diketahui jenis ponselnya apa. Jika mengacu pada smartphone modern sekarang, memindahkan data kontak adalah pekerjaan yang mudah. Kalau ponsel berbasis android, data kontak bisa tersimpan atau istilahnya di-sync dengan akun Google. Pada smartphone yang baru, tinggal diisikan lagi akun yang sama, maka data tersebut otomatis dipindah atau di-copy kan lewat cloud.

Kalau kita menggunakan smartphone berbasis android, memang ada 3 tempat penyimpanan kontak utama, pertama ke akun Google, kedua ke memori smartphone, dan ketiga ke dalam SIM card. Agar data kontak tidak kacau, selalu biasakan menjadikan akun Google sebagai tempat penyimpanan kontak saat kita menambah atau mengurangi data kontak.

Data kontak yang ada di dalam ponsel atau di SIM card sekalipun mudah di-copy untuk disatukan dalam akun Google, atau malah kebalikannya. Hanya, data kontak di SIM card ini paling tidak mencukupi karena kapasitasnya terbatas.

Beberapa smartphone seperti Samsung, Lenovo, Xiaomi, dll, sudah menyediakan aplikasi untuk memindahkan data dari smartphone lama, tidak hanya kontak, bahkan lagu, dokumen, hingga aplikasi juga bisa dipindah, baik via kabel maupun koneksi nir-kabel. Bahkan ada yang bisa memindahkan data dari smartphone dengan OS yang berbeda, misal dari iPhone ke android atau malah sebaliknya.

Kalau smartphone kita belum dilengkapi dengan aplikasi ini dan kita tidak terbiasa memindahkan data secara cloud, untuk smartphone android banyak aplikasi lain di playstore yang bisa di-install dengan pencarian aplikasi contact backup. Dengan aplikasi tersebut kita bisa mem-backup data yang diperlukan, biasanya tersedia pilihan kontak dan SMS. Backup data ini bisa disimpan di memory card, dan tinggal dipindah di smartphone yang baru untuk di-restore. (jsn/fyk)
Klik di sini untuk mengirimkan pertanyaan yang ingin dikonsultasikan dengan kami. Konsultasi seputar gadget, fotografi, internet security dan cyberlife.

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed