Apa Ide Motret yang Bagus Meski di Rumah Saja?

KlinikINET

Apa Ide Motret yang Bagus Meski di Rumah Saja?

Enche Tjin, - detikInet
Kamis, 07 Mei 2020 05:10 WIB
fotografer kamera
Apa Ide Motret yang Bagus Meski di Rumah Saja? (Foto: Unsplash)
Jakarta -

Efek virus Corona adakah ide bagi saya yang suka keliling untuk hunting foto. Apa yang bisa saya lakukan untuk mendapatkan objek-objek bagus dan menarik meski berada di rumah saja. (Stefan)

Jawaban:

Sebenarnya di dalam rumah sendiri agak sulit untuk memunculkan motivasi untuk memotret karena kita melihatnya setiap hari, jadi bukan sesuatu yang eksotik. Tapi kalau kita mengamati dengan pelan-pelan dan seksama, lama-lama kita menyadari ada banyak objek di rumah yang bisa jadi menarik.

Kalau senang foto di alam, tentunya sering mengamati cahaya matahari, di dalam rumah mungkin cahaya matahari yang masuk melewati jendela atau pintu bisa dimanfaatkan untuk menerangi subjek foto yang ada di di rumah. Setiap jam akan berbeda-beda, saat memotret saat yang tepat bisa jadi menarik.

Portrait saya memanfaatkan cahaya matahari sore yang masuk lewat jendela.Portrait saya memanfaatkan cahaya matahari sore yang masuk lewat jendela. Foto: Dok. Enche Tjin

Soal subjek foto saran saya adalah cari subjek yang kita suka, misalnya makanan/minuman favorit, atau koleksi, misalnya mainan, jam tangan, gear foto, pajangan, tanaman di kebun dan sebagainya.

Supaya lain daripada biasanya, mungkin bisa foto dengan lensa makro atau lebih dekat daripada biasanya sehingga hanya sebagian subjek fotonya saja yang masuk dalam frame, sehingga memberikan kesan yang tidak biasa, atau sebaliknya pakai lensa yang sangat lebar.

Karena sekarang ini banyak di dalam rumah mungkin selama ini jarang foto keluarga, entah itu anak, suami/istri, atau diri sendiri. Mungkin kesempatan ini bisa digunakan untuk banyak foto orang-orang kesayangan di sekitar kita, terutama yang dekat dengan kita, atau bahkan foto self-portrait.



Simak Video "Semenit Rindu: Aceh"
[Gambas:Video 20detik]
(jsn/jsn)